IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERKAIT PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA BADAN USAHA MILIK NEGARA PROGRAM KEMITRAAN (Studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero). Tbk, Cabang Wonosari, Yogyakarta)

M, IHDA AMANATI (2016) IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERKAIT PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA BADAN USAHA MILIK NEGARA PROGRAM KEMITRAAN (Studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero). Tbk, Cabang Wonosari, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (636Kb) | Preview

    Abstract

    IHDA AMANATI MUNAWWAROH. E0011160. 2015. IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERKAIT PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA BADAN USAHA MILIK NEGARA PROGRAM KEMITRAAN (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero). Tbk, Cabang Wonosari, Yogyakarta). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini mendeskripsikan tentang bagaimana pelaksanaan program kemitraan sebagai Corporate Social Responsibility dari Badan Usaha Milik Negara yang merupakan salah satu prinsip dari Good Corporate Governance. Sekaligus mengetahui apa saja hambatan dari pelaksanaan program kemitraan serta solusi untuk mengatasinya. Jenis penelitian hukum adalah empiris deskriptif. Jenis data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data melalui metode analisis interaktif. Pelaksanaan Program Kemitraan Bank BRI cabang Wonosari berdasarkan Undang-Undang No. 19 tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara. Pelaksanaannya dilakukan oleh Account Officer (AO) dengan memberikan informasi terkait program kemitraan kepada masyarakat. Pelaksanaan melalui dua skema, yaitu pinjaman berbunga lunak dan hibah pembinaan. Sasarannya adalah pelaku usaha yang memiliki usaha dan usahanya layak dibiayai (fisible), namun belum bisa dilayani melalui pinjaman komersial BRI. Jangka waktu pinjaman maksimal 3 tahun, dengan suku bunga 12% per tahun. Kendala dalam pelaksanaan adalah mitra binaan tidak membayar tepat waktu, sulit mencari mitra binaan, kinerja AO kurang optimal. Solusinya memberi waktu untuk mengembalikan pinjaman atau diputus kemitraannya, intensif AO melakukan sosialisasi hingga ke pelosok desa, memberikan kebebasan AO untuk membagi waktu dalam melakukan tugasnya. Kata kunci : Program kemitraan, Corporate Social Responsibility, Pinjaman, Badan Usaha Milik Negara.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 27 Jan 2016 10:11
    Last Modified: 27 Jan 2016 10:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23192

    Actions (login required)

    View Item