Responsivitas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi dalam Tata Kelola Parkir di Kota Surakarta

WIDYANIN, FRANSISCA KUSUMASTUTY (2016) Responsivitas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi dalam Tata Kelola Parkir di Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (367Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Fransisca Kusumastuty Widyaningrum, D0111040. Responsivitas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi terhadap Tata Kelola Parkir di Kota Surakarta. Skripsi, Jurusan Ilmu Administrasi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2015. Kota Surakarta merupakan kota dengan jumlah kendaraan dan pusat perbelanjaan yang cukup banyak, dengan hal tersebut diperlukan tata kelola parkir yang baik dari pemerintah. Selama ini tata kelola parkir yang ada masih harus diperbaiki karena masih banyaknya pelanggaran dan keluhan dari masyarakat seperti pungutan liar dan parkir sembarangan. Penelitian ini bertujuan menganalisis responsivitas yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Surakarta terhadap tata kelola parkir yang selama ini berjalan di Kota Surakarta Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya diperoleh dari informan, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi langsung tak berstruktur dan studi dokumentasi. Validitas data menggunakan dengan teknik triangulasi teknik yaitu dengan menggali data yang berbeda dari berbagai sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menenjukkan bahwa responsivitas yang diberikan belum cukup baik karena masih banyak hal yang perlu ditindak lanjuti agar tidak sekedar wacana, hal tersebut dapat dilihat dengan menggunakan 5 indikator dari responsivitas, yaitu : (1) Dishubkominfo belum mampu mengenali kebutuhan masyarakat dalam hal ini menanggapi keluhan masyarakat. (2) Dishubkominfo kurang tegas dan belum menimbulkan efek jera dalam merespon keluhan dari masyarakat. (3) Dishubkominfo belum mengembangkan program-program pelayanan untuk mangatasi masalah parkir sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat, (4) Dishubkominfo telah menyiapkan referensi-referensi perbaikan dengan baik tinggal menunggu eksekusi program kerjanya. (5) Dalam hal penempatan masyarakat, Dishubkominfo sudah responsive karena melibatkan masyarakat dalam setiap musyawarah perencanaan pembangunan dan peran aktif masyarakat dalam penyelenggaraan perhubungan dan perparkiran yang ada di Surakarta. Kata Kunci : Responsivitas, tata kelola, parkir

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 27 Jan 2016 09:49
    Last Modified: 27 Jan 2016 09:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23182

    Actions (login required)

    View Item