Pola Perilaku Santri Dalam Mengkonsumsi Musik Non Religi ( Studi Kasus Santriwati Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta)

P, DIAH AYUNING PUTRI (2016) Pola Perilaku Santri Dalam Mengkonsumsi Musik Non Religi ( Studi Kasus Santriwati Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (829Kb) | Preview

    Abstract

    DIAH AYUNING PUTRI PRAMESWARI, D01311022. Pola perilaku Santri Dalam Mengkonsumsi Musik Non Religi ( Studi Kasus Santriwati Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta). Skripsi. Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta, 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola perilaku santriwati Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta dalam mengkonsumsi musik non religi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan teori Praktik Pirre Bourdieu. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Untuk pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model interakstif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1.) Alasan para santiwati Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta dikarenakan sejumlah alasan yaitu karena kejenuhan akan rutinitas pondok yang begitu padat, terikut oleh teman teman dan mengkonsumsi lagu lagu non religi adalah kegemaran para santriwati Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta.2.) Pola perilaku para santriwati Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta dalam mengkonsumsi lagu- lagu non religi yaitu dengan cara mendengarkan dan melafalkan . Waktu dan tempat para santriwati Madrasah AliyahPondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta mengkonsumsi lagu lagu non religi ialah pada waktu senggang, saat sedang sepi, saat menjadi panitia acara pondok, saat mengerjakan laporan laporan dan terkadang telantunkan dengan sendirinya. Dan untuk tempat, para santriwati Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta mengkonsumsi lagu lagu non religi ialah pada acara acara pondok, kelas, kamar dan dalam perlombaan. 3.) Faktor - faktor pendukung para santriwati Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta dalam mengkonsumsi lagu lagu non religi ialah tidak adanya tata tertib khusus yang mengatur dalam bermusik , adanya fasilitas pondok berupa WIFI keluar komplek,adanya acara acara pondok yang menggunakan lagu lagu non religi sebagai pengiring dan pemeriah acara tersebut,para santri yang memiliki keyakinan hukum Islam untuk meperberbolehkan mengkonsumsi lagu lagu non religi, kemudian fasilitas umum yang disediakan didalam pondok pesantren seperti wartel, kantin, koperasi dan laboratorium yang kesemuanya memiliki radio yang menyajikan lagu lagu non religi serta teman teman yang juga menuntut ilmu di pondok pesantren tersebut.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 26 Jan 2016 17:17
    Last Modified: 26 Jan 2016 17:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23167

    Actions (login required)

    View Item