CORPORATE ENVIRONMENTAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DAN PERTAMBANGAN (Studi pada Perusahaan di Indonesia dan Thailand)

KHARISMA, MULIA RIFQI (2016) CORPORATE ENVIRONMENTAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DAN PERTAMBANGAN (Studi pada Perusahaan di Indonesia dan Thailand). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (152Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK CORPORATE ENVIRONMENTAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DAN PERTAMBANGAN (Studi pada Perusahaan di Indonesia dan Thailand) MULIA RIFQI KHARISMA F0311081 Penelitian ini membandingkan tingkat Corporate Environmental Disclosure (CED) perusahaan manufaktur dan pertambangan di Indonesia yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan perusahaan manufaktur dan pertambangan Thailand yang listing di Stock Exchange of Thailand (SET). Penelitian ini juga menguji pengaruh karakteristik perusahaan yang direpresentasikan dengan profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan terhadap corporate environmental disclosure. Pengukuran skor atau nilai environmental disclosure adalah dengan menghitung persentase jumlah item environmental disclosure yang dilaporkan dibagi dengan total keseluruhan item. Corporate Environmental Disclosure diukur dan berpedoman pada GRI 3.1. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur dan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan seluruh perusahaan manufaktur dan pertambangan yang terdaftar di The Stock Exchange Thailand tahun 2013. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 37 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari annual report dan sustainability report masing-masing perusahaan. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan Two Independent Samples Test untuk membandingkan corporate environmental disclosure di kedua negara dan uji regresi linier berganda. Hasil Two Independent Samples Test menunjukkan terdapat perbedaan tingkat corporate environmental disclosure pada perusahaan manufaktur dan pertambangan di Indonesia dan Thailand. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap corporate environmental disclosure. Profitabilitas, kepemilikan manajerial, dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap corporate environmental disclosure. Kata kunci: corporate environmental disclosure, karakteristik perusahaan, GRI

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Jan 2016 16:52
    Last Modified: 26 Jan 2016 16:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23156

    Actions (login required)

    View Item