ANALISIS STRATEGI PEMASARAN EKSPOR PRODUK FURNITURE (Studi kasus pada PT. Indo Veneer Utama Karanganyar Tahun 2010-2014)

AFANDI, MUH ROESTAM (2016) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN EKSPOR PRODUK FURNITURE (Studi kasus pada PT. Indo Veneer Utama Karanganyar Tahun 2010-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (27Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam penelitian ini, penulis mengangkat suatu permasalahan yaitu bagaimana strategi pemasaran ekspor yang dilakukan PT. Indo Veneer Utama Karanganyar serta apa yang menjadi faktor pendorong maupun penghambat dalam proses pemasaran ekspor yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran ekspor yang dijalankan oleh PT. Indo Veneer Utama Karanganyar serta mengetahui faktor-faktor baik itu pendorong maupun penghambat dalam melakukan proses pemasaran ekspor. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian yaitu PT. Indo Veneer Utama Karanganyar. Jenis penelitian yang digunhakan merupakan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh dari sumbernya dengan cara wawancara langsung dengan pihak terkait. Data sekunder diperoleh dari buku-buku,peraturan perundang-undangan yang berlaku serta dari informasi yang berbentuk file hard copy yang diberikan PT. Indo Veneer Utama Karanganyar kepada penulis. Strategi pemasaran yang dilakukan PT. Indo Veneer Utama Karanganyar yaitu dengan menggunakan rumusan strategi pemasaran yang bermula dari strategi segmentasi pasar (segmentation), strategi penentuan pasar sasaran (targetting), dan strategi posisi pasar (positioning). Selain itu juga dengan mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix)yang terdiri dari 4 unsur yaitu produk (product), harga (price), saluran distribusi (place), dan promosi (promotion). Faktor pendorong dalam melakukan pemasaran ekspor adalah Optimalisasi laba, Tersedianya pasar manca negara, Jumlah barang produksi tinggi, Produk berdaya saing tinggi, Tersedianya layanan house trading. Sedangkan yang menjadi penghambat yaitu Kulitas Sumber Daya Manusia yang Terbatas, Kuota Impor Antar Negara yang Berbeda, Tidak Stabilnya Kurs Mata Uang Asing, Adanya Organisasi Regional Antar Negara. Saran dari penulis yang kiranya dapat membantu PT. Indo Veneer Utama Karanganyar dalam mengembangkan pasar adalah meningkatkan promosi dengan cara personal selling supaya lebih efektif, menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan, merekrut tenaga pemasaran luar negeri yang berkualitas, memfokuskan devisi pemasaran, serta lebih aktif dalam kegiatan pameran dagang. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, PT. Indo Veneer Utama Karanganyar, Faktor Pendorong, Faktor Penghambat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Jan 2016 16:10
    Last Modified: 26 Jan 2016 16:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23145

    Actions (login required)

    View Item