TINJAUAN TENTANG KEABSAHAN SEKESTRASI DAN TANGGUNGJAWAB PENYIMPANAN BARANG OLEH PANITERA (Studi di Pengadilan Negeri Klaten)

CHRISTINA, JULLY (2016) TINJAUAN TENTANG KEABSAHAN SEKESTRASI DAN TANGGUNGJAWAB PENYIMPANAN BARANG OLEH PANITERA (Studi di Pengadilan Negeri Klaten). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (642Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Jully Christina. 2015. E0011172. TINJAUAN TENTANG KEABSAHAN SEKESTRASI DAN TANGGUNGJAWAB PENYIMPANAN BARANG OLEH PANITERA (Studi di Pengadilan Negeri Klaten). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini mendekripsikan dan mengkaji permasalahan mengenai keabsahan pelaksanaan sekestrasi di Pengadilan Negeri Klaten dan tanggungjawab panitera yang diberi tugas dan wewenang oleh hakim untuk menyimpan barang sekestrasi. Guna menjawab rumusan masalah yang pertama penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan guna menjawab rumusan masalah yang kedua penulis menggunakan metode penelitian hukum empiris. Jenis data meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan hakim dan panitera, serta studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode deduksi untuk rumusan masalah pertama dan analisis interaktif untuk rumusan masalah kedua. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan, terkait keabsahan pelaksanaan sekestrasi di Pengadilan Negeri Klaten pada Putusan Nomor 46/Pdt/G/1990/PN.Klt. tidak sesuai dengan aturan yang ada sebab sekestrasi atas persetujuan harusnya terjadi sebelum masuk proses peradilan namun dalam putusan tersebut sekestrasi terjadi sebelum dan sesudah masuk proses persidangan. Kemudian tanggungjawab panitera apabila terjadi kehilangan barang, mengenai hal ini harus terlebih dahulu dicari penyebabnya apabila terjadi karena overmacht maka panitera dapat terbebas dari tanggungjawab dan sebaliknya apabila terjadi atas kelalaian panitera maka atas kehilangan tersebut harus dilaporkan kepada lembaga diatasnya untuk diperiksa dan diputus. Kata Kunci : Sekestrasi, Keabsahan, Tanggungjawab.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Jan 2016 14:54
    Last Modified: 26 Jan 2016 14:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23120

    Actions (login required)

    View Item