RAMEN SMART PERMEN SEHAT KAYA SERAT SEBAGAI PELUANG BISNIS DALAM INDUSTRI KREATIF

Khairunnisa, Qoidah and Alimah, Miftah Nur and Waluyo, Mochamad Iqbal and Nugroho, Andhika Wahyu and Handayani, Evi (2013) RAMEN SMART PERMEN SEHAT KAYA SERAT SEBAGAI PELUANG BISNIS DALAM INDUSTRI KREATIF. Program Kreativitas Mahasiswa.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1036Kb) | Preview

    Abstract

    Sayuran merupakan sumber makanan yang menyediakan nutrisi lengkap untuk kepentingan tubuh. Sayuran lebih ramah untuk kesehatan tubuh, karena kandungan lemak pada sayuran hanya sedikit, jauh berbeda dengan daging. Segala kebaikan dari manfaat sayuran seharusnya bisa dirasakan oleh seluruh penduduk Indonesia karena Indonesia merupakan negara penghasil sayuran yang melimpah. Mengingat jenis sayuran yang merupakan produk hortikultura yang mudah rusak dan tidak dapat disimpan terlalu lama maka produk permen dengan bahan baku sayuran pantas dicoba, mengingat konsumsi sayur masyarakat Indonesia yang dapat dibilang masih sangat rendah. Disamping itu harga sayur yang masih cukup murah di pasar mendorong kita untuk mengepakkan sayap untuk berwirausaha, karena persaingan yang tergolong minim dan prospek pasar yang begitu menjanjikan. Permen sayur merupakan permen yang kaya serat karena berbahan dasar sayur-sayuran. Permen ini memiliki beraneka rasa sayur seperti wortel, bayam, tomat, sawi, brokoli. Permen ini sangat cocok dikonsumsi oleh semua kalangan terutama anak-anak yang masih membutuhkan asupan nutrisi dari sayuran. Selain anak-anak, mahasiswa UNS khususnya dan masyarakat luar juga kami jadikan objek pasar kami. Sehingga kami menamakan produk kami dengan nama RAMEN SMART. RAMEN SMART merupakan singkatan dari Natural Permen Sebelas Maret. Nama natural berasal dari bahan yang digunakan untuk membuat permen ini. SMART adalah singkatan dari Sebelas Maret yang merupakan universitas dari pihak pencetus ide. Permen ini dikemas dalam wadah yang unik seperti berbentuk sayuran, buah ataupun bentuk boneka. Setiap kemasan berisi 50 gram permen sayuran. Promosi produk akan kami lakukan melalui beberapa rencana, diantaranya expo. Dengan produk yang kaya akan serat ini kita akan memperkenalkan ke pihak luar bahwa permen ini pantas dijadikan asupan nutrisi bagi tubuh. Setidaknya expo merupakan sarana yang baik untuk memperkenalkan produk, namun juga perlu dipikirkan konsepan apa yang cocok untuk memamerkan produk tersebut. Selain itu face to face juga dapat dilakukan untuk promosi. Berbekal rasa percaya diri dan semangat kewirausahaan, diharapkan produk yang kita perlihatkan dari satu orang ke orang lain secara langsung dapat booming di pasaran. Produk dikenalkan melalui pamflet yang berisi keunggulan produk. Pembuatan pamflet tersebut ditempel di tempat-tempat yang strategis untuk memperkenalkan RAMEN SMART.

    Item Type: Article
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 26 Jan 2016 13:48
    Last Modified: 26 Jan 2016 13:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23107

    Actions (login required)

    View Item