Model Generalized Space Time Autoregressive (GSTAR) dengan pembobot normalisasi korelasi silang pada penderita demam berdarah dengue (DBD) di lima kecamatan endemis kota semarang

PUTRI, INTAN MUSTIKANING (2016) Model Generalized Space Time Autoregressive (GSTAR) dengan pembobot normalisasi korelasi silang pada penderita demam berdarah dengue (DBD) di lima kecamatan endemis kota semarang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (174Kb) | Preview

    Abstract

    waktu yang digunakan untuk memodelkan data runtun waktu yang memiliki keterkaitan antar lokasi. Keterkaitan antar lokasi tersebut dinyatakan dalam suatu nilai berdasarkan pembobot tertentu. Salah satu pembobot pada model ruang-waktu adalah pembobot normalisasi korelasi silang. Data banyaknya penderita demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu data runtun waktu yang memiliki keterkaitan antar lokasi sehingga dapat dimodelkan dengan model GSTAR. Pada penelitian ini model GSTAR dengan pembobot normalisasi korelasi silang diterapkan pada banyaknya penderita demam berdarah dengue (DBD) di lima kecamatan endemis Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh model GSTAR (2,1) dan validasi model ditunjukkan dengan prediksi model GSTAR (2,1) untuk bulan Januari, Februari, Maret, dan April 2015 dengan nilai RMSE sebesar 5,318. Kata kunci : ruang-waktu, GSTAR, normalisasi korelasi silang, DBD.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Jan 2016 13:12
    Last Modified: 26 Jan 2016 13:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23106

    Actions (login required)

    View Item