KAJIAN RAGAM HIAS BATIK LASEM MASA KINI

W, SYAIFUL HADI (2016) KAJIAN RAGAM HIAS BATIK LASEM MASA KINI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (450Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Syaiful Hadi W. C0911020. "Kajian Ragam Hias Batik Lasem Masa Kini" Skripsi: Program Studi Kriya Seni/Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah latar belakang pengembangan ragam hias batik Lasem masa kini, perwujudan ragam hias batik Lasem masa kini dan konsep desain ragam hias batik Lasem masa kini. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan latar belakang pngembangan ragam hias batik Lasem masa kini, (2) Menjelaskan perwujudan ragam hias batik Lasem masa kini, (3) Mengetahui konsep desain ragam hias batik Lasem masa kini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif diskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di pengrajin batik Lasem diantaranya Ningrat batik Lasem dan batik Lasem Sekar kencana Kabupaten Rembang. Pendekatan yang digunakan untuk mengkaji ragam hias batik Lasem menggunakan pendekatan desain. Pengambilan sempel menggunakan teknik cuplikan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi berperan pasif dan wawancara. Sumber data yang digunakan adalah narasumber (informan), benda, lokasi dan aktivitas. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi data. Model analisis yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah (1) Latar belakang pengembangan ragam hias batik Lasem masa kini berdasarkan latar belakang ekonomi, sosial budaya dan teknologi. Latar belakang ekonomi berdasarkan pertimbangan biaya produksi dan permintaan pasar. Latar belakang sosial budaya karena munculnya ide-ide baru dan inovasi tentang ragam hias batik Lasem. Teknologi yang digunakan menggunakan teknik batik tulis. (2) Batik Lasem digolongkan menjadi tiga golongan, yaitu batik klasik/rakyat, batik Laseman dan batik kontemporer. Batik klasik/rakyat ragam hiasnya menggunakan kepercayaan legenda serta flora fauna khas Lasem, sedangkan batik Laseman ragam hiasnya adopsi budaya Cina, dan untuk batik kontemporer ragam hiasnya bebas tidak terikat. Ketiga golongan batik Lasem kemudian dikaji berdasarkan unsur-unsur desain dan prinsip desain (3) Desain ragam hias batik Lasem masa kini dalam pengerjaannya mempertimbangkan beberapa aspek diantaranya: aspek fungsi,aspek bahan, aspek proses, aspek estetika, aspek mode dan selera konsumen. Kata Kunci: Ragam Hias Batik, Masa Kini, Lasem

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Kriya Seni
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 26 Jan 2016 12:41
    Last Modified: 26 Jan 2016 12:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23097

    Actions (login required)

    View Item