PENDAFTARAN HAK ATAS TANAH UNTUK PERTAMA KALI DAN PENDAFTARAN PERALIHAN YANG BERASAL DARI LETTER C, GIRIK DAN PETUK D DI KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

HANDAYANI, SRI (2016) PENDAFTARAN HAK ATAS TANAH UNTUK PERTAMA KALI DAN PENDAFTARAN PERALIHAN YANG BERASAL DARI LETTER C, GIRIK DAN PETUK D DI KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (222Kb) | Preview

    Abstract

    Sri Handayani , S. 351308054. 2015.“PENDAFTARAN HAK ATAS TANAH UNTUK PERTAMA KALI DAN PENDAFTARAN PERALIHAN YANG BERASAL DARI LETTER C, GIRIK DAN PETUK D DI KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA”. Tesis : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiProses Pendaftaran hak Atas Tanah Asal Letter C, Girik dan Petuk D Sebagai Alat Bukti Permulaan di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menciptakan Kepastian Hukum serta hambatan Proses Pendaftaran hak Atas Tanah Asal Letter C, Girik dan Petuk D Sebagai Alat Bukti Permulaan di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta serta bagaimana Solusinya. Penelitian ini termasuk penelitian hukum Deskreptif Kualitatif. Konsep hukum yang dipergunakan adalah hukum yang ada dalam benak manusia.. Bentuk penelitian ini adalah penelitian Evaluatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data Primer dan Data sekunder, sumber data dalam penelitian ini adalah Sumber Data Primer dan Sumber Data Sekunder yang meliputi Bahan Hukum Primer, Bahan Hukum Sekunder dan Bahan Hukum Tersier. Metode pengumpulan data melalui Wawancara dan metode Studi Pustaka. Analisis data dengan model analisis interaktif yaitu model analaisis data yang dilaksanakan dengan menggunakan tiga tahap/komponen berupa reduksi data, sajian data serta penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian ini menemukan proses Pendaftaran hak Atas Tanah Asal Letter C, Girik dan Petuk D Sebagai Alat Bukti Permulaan di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta,sudah sesuai dengan tata urutan pendaftaran hakatas tanah untuk pertama kalinya untuk tanah-tanah yang semula Letter C, Girik, Petuk D. Hambatan Proses Pendaftaran hak Atas Tanah Asal Letter C, Girik dan Petuk D Sebagai Alat Bukti Permulaan di Kabupaten Sleman daerah Istimewa Yogyakarta adalah kurang atau minimnya bukti kepemilikan atas tanah dan minimnya proses pendaftaran hak atas tanah dan minimnya pengetahuan masyarakat akan arti pentingnya bukti kepemilikan hak atas tanah serta kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kekuatan hukum dari Letter C, Girik dan Petuk D dibandingkan dengan sertipikat hak atas tanahSolusi yang dilakukan oleh kantor Pertanahan Kabupaten Sleman, bekerjasama dengan pihak Pemerintah Desa/Kelurahan untuk mensosialisasikan arti penting kepemilikan sertipikat hak atas tanah, selain itu juga memberikan pemahaman-pemahaman kepada masyarakat terkait sengketa tanah yang diakibatkan lemahnya bukti kepemilikan hak atas tanah. Kata Kunci : Pendaftaran Tanah, Kepemilikan Sertipikat.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kenotariatan
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 26 Jan 2016 12:13
    Last Modified: 26 Jan 2016 12:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23085

    Actions (login required)

    View Item