Perlindungan Hukum Tenaga Kerja dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan (Studi Kasus di PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Area Madiun)

NOVITASARI, RIZKY DWI (2016) Perlindungan Hukum Tenaga Kerja dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan (Studi Kasus di PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Area Madiun). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (234Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rizky Dwi Novitasari. 2015. Perlindungan Hukum Tenaga Kerja Dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (Studi Kasus di PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Area Madiun). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar pertimbangan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Area Madiun menggunakan tenaga kerja dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dan pelaksanaan perlindungan hokum tenaga kerja Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) di PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Area Madiun apakah sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian empiris yang bersifat deskriptif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer yang didukung data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara di PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Area Madiun, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan, mengelompokkan, dan menyeleksi data yang diperoleh dari penelitian lapangan. Dari hasil penelitian dan pembahasan ini disimpulkan bahwa PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Area Madiun menggunakan tenaga kerja dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu melaksanakan amanat yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP.100/MEN/VI/2004 tentang Ketentuan Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu serta Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 19 Tahun 2012 tentang Syarat-Syarat Penyerahan Sebagian Pelaksanaan Pekerjaan Kepada Perusahaan Lain. Dalam pelaksanaan perlindungan hokum tenaga kerja perusahaan belum sepenuhnya mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kata kunci: Perlindungan hokum tenaga kerja, Perjanjian Kerja Waktu Tertentu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 26 Jan 2016 12:04
    Last Modified: 26 Jan 2016 12:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23083

    Actions (login required)

    View Item