TINJAUAN PEMBERIAN KETERANGAN OLEH AHLI EKSPOR IMPOR DALAM PERSIDANGAN PERKARA PENIPUAN DI PENGADILAN NEGERI BANDUNG DAN KEKUATAN PEMBUKTIANNYA (Studi Putusan Nomor : 564/PID.B/2014/PN.BDG)

G, RIZA GHITASETIA (2016) TINJAUAN PEMBERIAN KETERANGAN OLEH AHLI EKSPOR IMPOR DALAM PERSIDANGAN PERKARA PENIPUAN DI PENGADILAN NEGERI BANDUNG DAN KEKUATAN PEMBUKTIANNYA (Studi Putusan Nomor : 564/PID.B/2014/PN.BDG). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (870Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim Pengadilan Negeri Bandung dalam memeriksa dan memutus perkara tindak pidana penipuan dalam usaha jasa impor air raksa dengan menghadirkan ahli ekspor impor ke persidangan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan dengan pendekatan kasus. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan sekunder yang menggunakan studi kepustakaan baik berupa buku-buku, dokumen dan arsip yang tersedia di lokasi penelitian. Teknis analisa bahan hukum adalah teknis analisis deduksi silogisme Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian keterangan ahli ekspor impor dalam persidangan perkara penipuan di Pengadilan Negeri Bandung sudah sesuai dengan ketentuan KUHAP sebagaimana diatur dalam Pasal 184 Ayat (1) KUHAP dan pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusannya yaitu dengan menghadirkan seorang ahli ekspor impor, keterangan saksi dan alat bukti lain ke persidangan. Kesesuaian keterangan ahli, saksi dan alat bukti lainnya tersebut digunakan oleh hakim sebagai dasar bahwa tindak pidana penipuan atas jasa impor air raksa benar-benar terjadi dan menyatakan terdakwa terbukti bersalah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 26 Jan 2016 11:54
    Last Modified: 26 Jan 2016 11:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23079

    Actions (login required)

    View Item