ANALISIS ENERGI DAN FUNGSI GELOMBANG RELATIVISTIK PADA KASUS SPIN SIMETRI DAN PSEUDOSPIN SIMETRI UNTUK POTENSIAL ECKART DAN POTENSIAL MANNING ROSEN TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN ASYMPTOTIC ITERATION METHOD (AIM)

SARI, RESITA ARUM (2016) ANALISIS ENERGI DAN FUNGSI GELOMBANG RELATIVISTIK PADA KASUS SPIN SIMETRI DAN PSEUDOSPIN SIMETRI UNTUK POTENSIAL ECKART DAN POTENSIAL MANNING ROSEN TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN ASYMPTOTIC ITERATION METHOD (AIM). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (517Kb) | Preview

    Abstract

    Persamaan Dirac untuk kombinasi potensial Eckart dan potensial Manning Rosen trigonometri pada kasus spin simetri dan pseudospin simetri dapat diselesaikan dengan menggunakan Asymptotic Iteration Method (AIM). Kombinasi dari dua potensial disubstitusikan ke persamaan Dirac, kemudian dilakukan pemisahan variabel menjadi bagian radial dan polar. Penyelesaian persamaan Dirac dengan menggunakan Asymptotic Iteration Method (AIM) dapat dilakukan dengan mereduksi persamaan differensial orde dua menjadi persamaan differensial tipe Hipergeometri dengan melakukan subtitusi variabel. Energi relativistik sistem dihitung menggunakan software Matlab 2011. Penelitian ini dibatasi untuk kasus spin simetri dan pseudospin simetri. Dengan Asymptotic Iteration Method (AIM), spektrum energi dari persamaan relativistik dan persamaan bilangan kuantum orbital l pada kasus spin simetri dapat diperoleh, dimana keduanya saling terkait dengan bilangan kuantum anguler. Sedangkan, spektrum energi dari persamaan relativistik dan persamaan bilangan kuantum pseudospin orbital l ̃ pada kasus pseudospin simetri dapat diperoleh, dimana keduanya saling terkait dengan bilangan kuantum anguler pseudospin. Spektrum energi numerik juga diselesaikan dengan menggunakan software Matlab 2011, dimana peningkatan bilangan kuantum radial n_r menyebabkan penurunan spektrum energi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Fisika
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 26 Jan 2016 11:35
    Last Modified: 26 Jan 2016 11:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23067

    Actions (login required)

    View Item