Penduga Rasio untuk Variansi Populasi Menggunakan Koefisien Variasi dan Koefisien Kurtosis pada Pengambilan Sampel Acak Sederhana

SARI, FATIMAH MUTIARA (2016) Penduga Rasio untuk Variansi Populasi Menggunakan Koefisien Variasi dan Koefisien Kurtosis pada Pengambilan Sampel Acak Sederhana. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (484Kb) | Preview

    Abstract

    Penduga rasio untuk variansi populasi digunakan untuk menduga dan meningkatkan ketepatan pendugaan variansi dari sebuah populasi. Penduga rasio digunakan apabila terdapat korelasi positif antara variabel penelitian dengan variabel bantu. Penelitian ini bertujuan mengkaji ulang penurunan rata-rata kuadrat sesatan (RKS) penduga rasio untuk variansi populasi menggunakan koefisien variasi dan penduga rasio untuk variansi populasi menggunakan koefisien kurtosis pada pengambilan sampel acak sederhana. Pendekatan deret Taylor digunakan untuk menurunkan RKS dari penduga rasio untuk variansi populasi. Penduga rasio yang baik adalah penduga rasio yang memiliki RKS terkecil. Selanjutnya penduga rasio untuk variansi populasi tersebut diterapkan pada data produksi coklat di Pulau Jawa tahun 2013. Hasil dari penerapan data menunjukkan penduga rasio untuk variansi populasi menggunakan koefisien kurtosis lebih efisien dibandingkan penduga rasio untuk variansi populasi menggunakan koefisien variasi dan penduga rasio klasik untuk variansi populasi. Dengan ukuran sampel n=50 diperoleh dugaan variansi populasi produksi coklat yaitu sebesar 20604,636. Kata kunci: penduga rasio, variansi populasi, sampel acak sederhana, koefisien variasi, koefisien kurtosis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Jan 2016 11:31
    Last Modified: 26 Jan 2016 11:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23065

    Actions (login required)

    View Item