ANALISIS DETERMINAN TEMUAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA

BARLIAN, RAISA NANDA (2016) ANALISIS DETERMINAN TEMUAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (743Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penentu (determinan) yang berpengaruh terhadap temuan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini menggunakan sampel pemerintah daerah yang menerbitkan laporan keuangan pemerintah daerah 2013 yang telah diaudit oleh BPK RI dalam laporan hasil pemeriksaan 2014. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sebagai metode pemilihan sampel dengan total sampel adalah 418 pemerintah daerah pada tahun 2013. Metode analisis menggunakan regresi linear berganda untuk model pertama (temuan BPK RI) dan regresi logistik untuk model kedua (kualitas laporan keuangan pemerintah daerah). Hasil pengujian hipotesis model pertama menunjukan bahwa ukuran pemerintah daerah, kelemahan pengendalian internal, tingkat pendidikan auditor, dan latar belakang pendidikan kepala daerah berpengaruh positif signifikan total temuan BPK RI. Hasil pengujian hipotesis juga menemukan bahwa tipe geografi dan opini audit tahun sebelumnya berpengaruh negatif signifikan terhadap total temuan BPK RI. Namun, peringkat pemerintah daerah, jenis kelamin auditor, kompleksitas pemerintah daerah, dan umur pemerintah daerah tidak memberikan kontribusi terhadap total temuan BPK RI. Hasil pengujian hipotesis model kedua menunjukan bahwa peringkat pemerintah daerah dan opini audit 2012 berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Hasil pengujian hipotesis juga menemukan bahwa tipe geografi dan total temuan BPK RI berpengaruh negatif signifikan terhadap penerimaan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Namun, ukuran pemerintah daerah, kelemahan pengendalian internal, tingkat pendidikan auditor, jenis kelamin auditor, komplekitas pemerintah daerah, umur xxiv pemerintah daerah, dan latar belakang pendidikan kepala daerah tidak memberikan kontribusi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 26 Jan 2016 11:20
    Last Modified: 26 Jan 2016 11:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23062

    Actions (login required)

    View Item