Hubungan Peningkatan Kebisingan, Penurunan Kecepatan, dan Dimensi Tinggi Speed Bump di Permukiman (Studi Kasus Beberapa Speed Bumps di Surakarta)

HERMAWAN, FAISAL KUS (2016) Hubungan Peningkatan Kebisingan, Penurunan Kecepatan, dan Dimensi Tinggi Speed Bump di Permukiman (Studi Kasus Beberapa Speed Bumps di Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (193Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Faisal Kus Hermawan. 2015. Hubungan Peningkatan Kebisingan, Penurunan Kecepatan, dan Dimensi Tinggi Speed Bumps di Permukiman (Studi Kasus Beberapa Speed Bump di Surakarta). Skripsi. Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Pemasangan alat pengendali kecepatan vertikal (APKV) di area permukiman menimbulkan dampak kebisingan dan ketidaknyamanan bagi penduduk yang tinggal di sekitarnya. Alat pengendali kecepatan vertikal dapat membatasi kecepatan kendaraan yang melewatinya. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai hubungan peningkatan kebisingan, penurunan kecepatan, dan dimensi tinggi alat pengendali kecepatan vertikal di permukiman. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier dan metode analisis data 85 persentil. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berdasarkan 5 lokasi jalan di Surakarta meliputi penurunan kecepatan (X1, km/jam) dan dimensi tinggi speed bump (X2, cm) serta peningkatan kebisingan pada sepeda motor dan mobil (Y, dBA). Hasil analisa dengan uji statistik yang paling memenuhi syarat menghasilkan model persamaan untuk sepeda motor yaitu Y = -0,891 + 0,487X2 dengan R2 = 0,730, sedangkan untuk mobil model persamaannya Y = 0,707 + 0,253X2 dengan R2 = 0,644. Model ini berlaku pada kondisi jalan perkerasan aspal di area permukiman dengan lebar jalan 3,00 m – 3,32 m yang terdapat alat pengendali kecepatan vertikal berupa speed bump dengan pemasangan secara tunggal yang terbuat dari bahan beton dengan ukuran tinggi beragam dan lebar antara 57 cm – 63 cm. Kata Kunci : kebisingan, kecepatan, dimensi tinggi speed bump, speed bump.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Jan 2016 11:06
    Last Modified: 26 Jan 2016 11:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23056

    Actions (login required)

    View Item