INTEGRATED AND SUSTAINABLE ORGANICAL FARMING VILLAGE MOVEMENT (INSOFAM): SEBUAH UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PERTANIAN INDONESIA

Riyanto, Rachmad Adi and Nugrahanta, Abinawa Huri and Arifin, Husin Nur (2012) INTEGRATED AND SUSTAINABLE ORGANICAL FARMING VILLAGE MOVEMENT (INSOFAM): SEBUAH UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PERTANIAN INDONESIA. Program Kreativitas Mahasiswa.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (356Kb) | Preview

    Abstract

    Pada tahun 2010 penduduk Indonesia mencapai sekitar 235 juta, 57% di antaranya tinggal di pedesaan. Salah satu upaya peningkatan kesejahteraan penduduk Indonesia dari pemerintah adalah dengan pembangunan berbasis pedesaan. Misalnya di Propinsi Jawa Tengah dengan konsep “Bali Ndeso, Mbangun Deso” yang artinya kembali ke desa untuk membangun desa. Pertanian merupakan suatu sektor yang kompleks dan saling berkaitan, sehingga ke depannya diperlukan suatu konsep pembangunan pertanian yang terpadu dan berkelanjutan. Untuk menjawab kebutuhan tersebut maka pemerintah perlu membuat suatu kebijakan baru yang mendukung pertanian multisektoral, terpadu dan berkelanjutan. Salah satu pertanian terpadu dan berkelanjutan yang sedang banyak dikembangkan saat ini adalah pertanian organik. Pertanian organik merupakan salah satu bagian dari sektor pertanian yang mendapat perhatian besar di negara maju maupun negara berkembang belakangan ini seiring dengan perubahan pola hidup masyarakat yang lebih mementingkan kualitas kesehatan baik kesehatan manusia maupun kesehatan lingkungan. Hal inilah yang menyebabkan pertanian organik dunia semakin meningkat pesat. Pasar produk pertanian organik meningkat pesat sekitar 20% per tahun, oleh karena itu pengembangan pertanian organik perlu diprioritaskan. Salah satu alternatif program pembangunan pertanian pedesaan adalah program INSOFAM (Integrated and Sustaineble Organical Farming Village Movement) atau Gerakan Desa Pertanian Organik Terpadu dan Berkelanjutan. INSOFAM merupakan sebuah inovasi program yang diusulkan penulis yang bertujuan untuk menggerakkan suatu desa menjadi desa mandiri di bidang pertanian organik dengan mengembangkan pertanian organik terpadu dan berkelanjutan. Keunggulan dari program INSOFAM ini adalah dapat memadukan pertanian organik dan peternakan secara berkelanjutan baik dari pertanian on farm maupun off farm dengan melibatkan sumber daya manusia lokal khususnya pemuda dalam suatu kawasan pedesaan. Harapannya akan terbentuk pertanian pedesaan yang kuat dan mampu bersaing, serta mendukung program pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kompetensi masyarakat pedesaan. Selain itu juga akan terbetuk generasi muda yang tangguh, kompetitif, dan cerdas, serta memiliki minat dan usaha yang baik untuk mengembangkan pertanian organik yang terpadu dan berkelanjutan.

    Item Type: Article
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 26 Jan 2016 11:27
    Last Modified: 26 Jan 2016 11:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23052

    Actions (login required)

    View Item