PENGGUNAAN KETERANGAN AHLI DALAM PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA FIDUSIA DAN PERTIMBANGAN HAKIM PENGADILAN NEGERI BENGKULU DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN (STUDI PUTUSAN NOMOR: 125/PID.B/2014/PN.BKL)

GITA, PANDE KETUT (2016) PENGGUNAAN KETERANGAN AHLI DALAM PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA FIDUSIA DAN PERTIMBANGAN HAKIM PENGADILAN NEGERI BENGKULU DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN (STUDI PUTUSAN NOMOR: 125/PID.B/2014/PN.BKL). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (424Kb) | Preview

    Abstract

    Pande Ketut Gita. 2015. E0011242. PENGGUNAAN KETERANGAN AHLI DALAM PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA FIDUSIA DAN PERTIMBANGAN HAKIM PENGADILAN NEGERI BENGKULU DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN (STUDI PUTUSAN NOMOR: 125/PID.B/2014/PN.BKL). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian penggunaan keterangan ahli dalam proses pembuktian tindak pidana fidusia dengan ketentuan dalam KUHAP dan bentuk pertimbangan hakim Pengadilan Negeri Bengkulu dalam menjatuhkan putusan. Ditinjau dari jenis penelitian hukum yang penulis lakukan termasuk jenis penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. Bahan hukum yang digunakan meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah studi pustaka, selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan keterangan ahli dalam proses pembuktian tindak pidana fidusia sesuai dengan ketentuan Pasal 184 ayat (1) huruf b Jo Pasal 186 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Selain itu juga dalam pertimbangannya hakim menggunakan keterangan ahli sebagai dasar untuk membuktikan unsur tindak pidana yang didakwakan. Kata Kunci : Keterangan Ahli, Pembuktian, dan Pertimbangan Hakim

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 26 Jan 2016 10:27
    Last Modified: 26 Jan 2016 10:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23049

    Actions (login required)

    View Item