Input Tekstual Menggunakan Jaro-Winkler Dsitance dan Stemming dengan Algoritma Nazief dan Andriani untuk Deteksi Dini Hama dan Penyakit pada Tanaman Padi

OKTAMAL, FAIRLY (2016) Input Tekstual Menggunakan Jaro-Winkler Dsitance dan Stemming dengan Algoritma Nazief dan Andriani untuk Deteksi Dini Hama dan Penyakit pada Tanaman Padi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (508Kb) | Preview

    Abstract

    Deteksi hama dan penyakit tanaman padi sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Pada kasus yang kerap terjadi, petani sering kali menganggap bahwa untuk mengatasi berbagai gejala penyakit tanaman yang berbeda hanya dibutuhkan suatu penanggulangan yang sama. Padahal kesalahan dalam penaggulangan hama dan penyakit berakibat berkurangnya hasil panen. Penelitian ini digunakan metode Stemming dengan algoritma Nazief dan Andriani untuk menyederhanakan database yang digunakan untuk mendeteksi inputan user. Jika inputan user terjadi kesalahan, maka akan dicari kemiripan teks gejala dengan menggunakan algoritma Jaro-Winkler Distance selanjutnya inputan diidentifikasi dengan menggunakan Hamming Distance. Pada penelitian ini, data gejala pada percobaan pertama diperoleh dari input random sedangkan pada percobaan kedua, data diperoleh dari hasil survey di Desa Pondok Kabupaten Sukoharjo. Pada percobaan input didapatkan hasil akurasi sebesar 99%. Pada percobaan output didapatkan nilai akurasi sebesar 98%, nilai precision 94,86%, dan nilai recall 98,15%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Jan 2016 10:28
    Last Modified: 26 Jan 2016 10:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23045

    Actions (login required)

    View Item