Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Apresiasi Sastra dengan Menggunakan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015

K, EVI FATMALA (2016) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Apresiasi Sastra dengan Menggunakan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (688Kb) | Preview

    Abstract

    Evi Fatmala Kusumawati. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Apresiasi Sastra dengan Menggunakan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2015. Dalam pembelajaran Bahasa Jawa, seharusnya melibatkan peserta didik secara langsung agar pembelajaran dapat lebih bermakna. Suasana pembelajaran yang menyenangkan akan memengaruhi motivasi dan prestasi belajar pada siswa. Di kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Boyolali, pembelajaran belum terlalu melibatkan siswa sehingga motivasi dan prestasi belajar apresiasi sastra pada siswa masih rendah. Mengatasi hal tersebut, perlu diadakan penelitian ini dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar apresiasi sastra pada siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015 dengan penerapan metode inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Boyolali yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari narasumber yaitu guru beserta siswa, dan data hasil observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: pengamatan, wawancara, tes tertulis, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan teori. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar apresiasi sastra , (2) penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar apresiasi sastra pada siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Boyolali. Hasil tersebut ditunjukkan melalui penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar apresiasi sastra dari pratindakan hingga ke siklus II. Pada proses pembelajaran pratindakan, motivasi belajar apresiasi sastra rendah, dengan ditandai angka ketekunan; keuletan; minat; dan keaktifan masing-masing sebesar 48,38%; 41,93%; 45,16%; dan 25,80% dari jumlah siswa. Hal ini juga terjadi pada prestasi belajar apresiasi sastra, di mana siswa yang mencapai KKM hanya sebesar 35,48%. Pada siklus I terjadi peningkatan motivasi belajar apresiasi sastra dengan angka ketekunan; keuletan; minat; dan keaktifan sebesar 61,29%; 61,29%; 74,19%; 58,06% dan meningkat lagi di siklus II menjadi 90,32%; 80,64%; 83,87%;77,42% dari jumlah siswa. Prestasi belajar apresiasi dadtra pada siswa di siklus I mencapai 67,74% yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 76,71 dan pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 87,09% siswa yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 80,22. Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar, metode inkuiri, apresiasi sastra

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 26 Jan 2016 10:11
    Last Modified: 26 Jan 2016 10:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23044

    Actions (login required)

    View Item