PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR DAN KOGNITIF FISIKA SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIK KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 PRACIMANTORO

WARYANTI, DWI (2016) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR DAN KOGNITIF FISIKA SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIK KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 PRACIMANTORO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (553Kb) | Preview

    Abstract

    Dwi Waryanti. K 2311023. PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR DAN KOGNITIF FISIKA SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIK KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 PRACIMANTORO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa (1) pembelajaran Fisika dengan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan psikomotor Fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pracimantoro pada materi Fluida Dinamik (2) pembelajaran Fisika dengan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pracimantoro pada materi Fluida Dinamik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, serta model kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pracimantoro Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 24 siswa. Data diperoleh melalui kajian dokumen, tes tertulis, observasi, kuesioner atau angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan psikomotor Fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pracimantoro pada materi Fluida Dinamik. Hal ini dapat dilihat dari hasil kemampuan psikomotor pada Siklus I sebesar 87,5 % siswa mendapatkan nilai psikomotor berkategori baik dan 12,5 % berkategori baik, mengalami peningkatan pada Siklus II menjadi 25 % siswa mendapatkan nilai psikomotor berkategori baik dan 75 % siswa berkategori sangat baik, (2) penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pracimantoro pada materi Fluida Dinamik, yaitu hasil kemampuan kognitif pada Siklus I menunjukkan ketuntasan klasikal siswa sebesar 45,83 %, mengalami peningkatan menjadi 91,67 % pada Siklus II. Kata kunci: project based learning, psikomotor, kognitif, fluida dinamik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 25 Jan 2016 22:57
    Last Modified: 25 Jan 2016 22:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23037

    Actions (login required)

    View Item