PEMANFAATAN LIMBAH BAGLOG JAMUR TIRAM DENGAN PENAMBAHAN ARANG SEKAM PADA HIDROPONIK SUBSTRAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BABY KAILAN (Brassica oleraceae var. alboglabra)

Rahayu, Devi Puji and Sholihah, Anis Mursyidatus and Sapta R, Anindita Dwi Yogi and Hapsari, Ratna Cahyaning (2012) PEMANFAATAN LIMBAH BAGLOG JAMUR TIRAM DENGAN PENAMBAHAN ARANG SEKAM PADA HIDROPONIK SUBSTRAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BABY KAILAN (Brassica oleraceae var. alboglabra). Program Kreativitas Mahasiswa.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (956Kb) | Preview

    Abstract

    Budidaya jamur tiram berkembang pesat dan menjadi pilihan bisnis baik dalam skala kecil maupun besar. Dari usaha tersebut menggunakan media yang disebut baglog. Baglog jamur tiram memiliki masa produksi sekitar 4 bulan dan setelah masa itu, baglog tidak dapat lagi menghasilkan jamur tiram yang optimal. Baglog yang tidak lagi produktif akhirnya hanya akan menjadi limbah yang bila tidak dimanfaatkan dengan baik, limbah baglog akan menumpuk dan meninggalkan bau yang tidak sedap. Untuk mengatasi hal tersebut, limbah baglog akan digunakan sebagai media dalam sistem hidroponik substrat. Dalam pengaplikasian, limbah baglog dicampur dengan arang sekam dengan perbandingan tertentu. Metode yang digunakan yaitu metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Percobaan terdiri dari 5 perlakuan, pada masing-masing perlakuan dilakukan penanaman sebanyak 10 tanaman, kemudian ditetapkan 5 tanaman sampel yang dipilih secara acak untuk diamati. Parameter data yang dikumpulkan adalah tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun, lebar daun, berat basah tanaman, berat kering tanaman. Teknik analisis data menggunakan Anova (Analysis of Variance) kemudian jika ada pengaruh dilanjutkan dengan uji beda jarak berganda Duncan’s (DMRT) 5%. Key word: limbah baglog, arang sekam, hdroponik substrat

    Item Type: Article
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 25 Jan 2016 21:49
    Last Modified: 25 Jan 2016 21:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23029

    Actions (login required)

    View Item