RESTRUKTURISASI PENDIDIKAN GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) SEBAGAI STRATEGI MENCETAK GURU BERKUALITAS SIAP ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC)

‘Aini, Anafi Nur and Adhitama, Egy (2015) RESTRUKTURISASI PENDIDIKAN GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) SEBAGAI STRATEGI MENCETAK GURU BERKUALITAS SIAP ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC). RESTRUKTURISASI PENDIDIKAN GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) SEBAGAI STRATEGI MENCETAK GURU BERKUALITAS SIAP ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (175Kb) | Preview

    Abstract

    Asean Economic Community menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Pendidikan diharapkan mampu mencetak generasi yang mampu bersaing di kancah global. Guru menjadi faktor utama dalam penentu kualitas pendidikan. Selain itu guru memegang peran yang sangat besar disamping menjadi jendela ilmu pengetahuan bagi para murid juga sebagai panutan tutur tingkah lakunya. LPTK sebagai institusi pencetak guru profesional mempunyai tanggung jawab untuk tidak hanya professional saja tetapi juga berkualitas ditengah era Asean Economic Community. Oleh karena itu dilakukanlah restrukturisasi pendidikan guru di LPTK dengan tujuh upaya.Pertama, kembali memperjelas arah pendidikan yaitu untuk membangun manusia Indonesia berkarakter.Kedua,ada pembenahan pada tubuh LPTK mulai dari awal penyeleksian calon mahasiswa. Ketiga, LPTK yang terintegrasi program PPG (Pendidikan Profesi Guru). Keempat, yaitu pola pembelajaran dengan pendekatan berdasarkan riset (research-based teacher education) dan berdasarkan pengalaman mengajar (school-based teaching experience). Kelima, pembekalan wawasan ilmu budaya. Keenam, penguasaan bahasa asing. Ketujuh, pembekalan peraturan-peraturan yang terkait dengan peningkatan keprofesian serta kode etik guru. Dengan tujuh upaya tersebut diharapkan LPTK mampu mencetak guru yang berkualitas sehingga kualitas pendidikan di Indonesia pun akan meningkat. Pendidikan yang berkualitas akan melahirkan generasi-generasi yang berkualitas pula. Akhirnya, Indonesia pun semakin maju serta mampu bersaing di era Asean Economic Community. Kata kunci: Guru, LPTK, Asean Economic Community

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Afifah Nur Laili
    Date Deposited: 22 Jan 2016 11:19
    Last Modified: 01 Sep 2016 11:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23016

    Actions (login required)

    View Item