OPTIMALISASI PELAYANAN BATIK SOLO TRANS DENGAN APLIKASI “BST-AN” (BATIK SOLO TRANS ASISTANT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATAKAN CUSTOMER STATISFACTION DAN SERVICE LEVEL KONSUMEN

Setiawan, David Bintang and Hutomo, Raditio Tri and Sholikun, Muchammad (2016) OPTIMALISASI PELAYANAN BATIK SOLO TRANS DENGAN APLIKASI “BST-AN” (BATIK SOLO TRANS ASISTANT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATAKAN CUSTOMER STATISFACTION DAN SERVICE LEVEL KONSUMEN. OPTIMALISASI PELAYANAN BATIK SOLO TRANS DENGAN APLIKASI “BST-AN” (BATIK SOLO TRANS ASISTANT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATAKAN CUSTOMER STATISFACTION DAN SERVICE LEVEL KONSUMEN.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (176Kb) | Preview

    Abstract

    Pemerintah kota Surakarta berusaha untuk menyiasati kemacetan yang terjadi di kota Surakarta. Salah satu caranya dengan menyediakan model transportasi BRT (Bus Rapid Transit) atau yang lebih dikenal dengan BST atau Batik Solo Trans. Adanya BRT di Kota Solo juga diharapkan segera dapat memecahkan kebutuhan masyarakat Surakarta akan kebutuhan angkutan murah, aman, nyaman, dan cepat dengan pelayanan yang prima. Penambahan 5 armada baru untuk operasional Batik Solo Trans (BST) koridor 2, diharapkan nantinya dapat mengatasi kemacetan lebih efektif lagi. Armada bus BST baru ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Mulai dari sistem e-ticketing, air conditioner, dan pramugari. Ini semua dilakukan untuk dapat melayani masyarakat pengguna dengan prima. Harapannya, masyarakat pengguna kendaraan pribadi dapat beralih dengan cepat ke BST. Namun, dalam pelaksanaanya Batik Solo Trans masih memiliki beberapa hal yang membuat pelayanan kurang prima atau maksimal, sehingga perpindahan pengguna kendaraan pribadi ke BST masih terkendala. Hasil penelitian yang diadakan oleh Luthfiana R, et al. (2012) dengan melakukan penyebaran kuisioner sebanyak 100 sampel dengan teknik simple random sampling menunjukkan data 54% responden menyatakan tidak dapat menjangkau langsung tempat tujuan yang membuat pelayanan terganggu. Selain itu, menurut Susantana (2009) terdapat fakor lain yang perlu diperhatikan dalam meningkatan pengguna BRT diantaranya pelayanan yang akurat, informasi kepastian kedatangan bus, kesesuaian dengan jadwal pemberangkatan dan kedatangan, perlengkapan dan peralatan halte, petugas memahami kebutuhan penumpang, kesesuaian jam layanan dengan penumpang dan lainnya. Maka dari itu diperlukan sebuah aplikasi untuk meningkatkan aksesbilitas dan pelayanan infromasi BST yakni salah satunya dengan menggunakan aplikasi android BST-AN. Cara kerja dari aplikasi BST-AN yaitu aplikasi ini akan memberikan informasi tentang letak secara_real time dari BST yang sedang beroperasi, letak dari halte BST, daftar koridor BST, beserta interval waktu sampai halte BST selanjutnya. BST-AN sendiri menggunakan sistem operasi android yang ii kebanyakan orang lebih banyak menggunakannya dibandingkan sistem operasi lainnya. Maka dari itu dengan adanya aplikasi ini, diharapkan kualitas pelayanan dari BST dapat ditingkatkan dan pada akhirnya mengurangi kemacetan yang ada di Solo. Kata Kunci : Batik Solo Trans, Peningkatan Pelayanan, Aplikasi Android

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
    Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Peternakan
    Depositing User: Afifah Nur Laili
    Date Deposited: 22 Jan 2016 09:09
    Last Modified: 05 Sep 2016 15:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23012

    Actions (login required)

    View Item