EFEKTIVITAS VCD DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ASUHAN PERSALINAN NORMAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DI STIKES AISYIAH SURAKARTA

Kamdiah, (2009) EFEKTIVITAS VCD DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ASUHAN PERSALINAN NORMAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA DI STIKES AISYIAH SURAKARTA. Masters thesis, Universtas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (339Kb)

    Abstract

    Kamidah (S 54 0907008) Efektifitas VCD Dalam Pembelajaran Keterampilan Asuhan Persalinan Normal Ditinjau Dari Kemampuan awal Mahasiswa Di STIKES Aisyiah Surakarta. Tesis . Surakarta. Program Studi Magister Kedokteran Keluarga Minat Utama Pendidikan Profesi Kesehatan Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009 Latar Belakang: Pengelolaan kelas dapat dilakukan dengan pendekatan melalui variasi dari media pembelajaran. Media mempunyai andil yang cukup besar dalam proses pembelajaran. Media tersebut diantaranya VCD. VCD memiliki kemampuan lebih untuk menyampaikan pesan. Selain media kemampuan awal mahasiswa merupakan aspek yang menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Tujuan: 1) Mengetahui pengaruh penggunaan media VCD terhadap prestasi belajar ketrampilan asuhan persalinan normal 2) Mengetahui pengaruh jenjang kemampuan awal mahasiswa terhadap prestasi belajar ketrampilan asuhan persalinan normal 3) Mengetahui apakah ada interaksi pengaruh antara penggunaan media pembelajaran dan kemampuan awal mahasiswa terhadap prestasi belajar ketrampilan asuhan persalinan normal. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan sampel 60 mahasiswa yang dibagi menjadi 30 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 mahasiswa sebagai kelompok kontrol. Analisis yang digunakan adalah uji t-test dan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikasi 5%. Hasil: 1) Pengaruh penggunaan media VCD terhadap prestasi belajar ketrampilan asuhan persalinan normal, berdasar analisis uji t diperoleh t hitung 3,249 dan nilai p= 0,02. 2) Pengaruh jenjang kemampuan awal mahasiswa terhadap prestasi belajar ketrampilan asuhan persalinan normal, berdasar analisis uji t diperoleh t hitung 3,520 dan nilai p= 0,01. 3) Pengaruh interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan kemampuan awal mahasiswa terhadap prestasi belajar ketrampilan asuhan persalinan normal berdasar uji ANAVA dua jalur diperoleh F hitung 3,411 dan nilai p= 0,069. Kesimpulan: 1) Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan media VCD terhadap prestasi belajar ketrampilan asuhan persalinan normal 2) Ada pengaruh yang signifikan jenjang kemampuan awal mahasiswa terhadap prestasi belajar ketrampilan asuhan persalinan normal 3) Tidak ada pengaruh interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan kemampuan awal mahasiswa terhadap prestasi belajar ketrampilan asuhan persalinan normal. Kata Kunci: VCD, Persalinan Normal, Kemampuan Awal

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:29
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2301

    Actions (login required)

    View Item