Pengaruh Ukuran KAP, Audit Tenure, dan Spesialisasi Industri Auditor terhadap Kemungkinan Terjadinya Fraud pada Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013)

YULIAWAN, DENNY BAYU (2016) Pengaruh Ukuran KAP, Audit Tenure, dan Spesialisasi Industri Auditor terhadap Kemungkinan Terjadinya Fraud pada Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (962Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran KAP, audit tenure, dan spesialisasi industri auditor terhadap kemungkinan terjadinya fraud pada laporan keuangan. Penelitian ini melalui dua tahap pengujian regresi serta pengujian tambahan untuk mencapai tujuan tersebut. Sampel diambil dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 94 perusahaan selama tiga tahun sejak tahun 2011-2013.. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Setelah melakukan keseluruhan pengujian dapat disimpulkan bahwa ukuran KAP dan spesialisasi industri auditor berpengaruh negatif signifikan terhadap kemungkinan terjadinya fraud pada laporan keuangan. Sementara itu audit tenure yang diproksikan dengan tenure KAP dan tenure partner tidak berpengaruh signifikan terhadap kemungkinan terjadinya fraud pada laporan keuangan. Penelitian ini juga berhasil membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara tenure KAP dan spesialisasi industri auditor. Hasil tersebut membuktikan adanya variabel lain yang menjadi penghubung antara audit tenure dan fraud.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 22 Jan 2016 07:42
    Last Modified: 22 Jan 2016 07:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23009

    Actions (login required)

    View Item