Komunikasi Konvergensi dan Divergensi dalam New Media

, DENNA (2016) Komunikasi Konvergensi dan Divergensi dalam New Media. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (191Kb) | Preview

    Abstract

    Manusia adalah makhluk sosial yang melakukan komunikasi dalam kehidupannya. Internet merupakan media baru yang memberikan kebebasan penggunanya untuk melakukan interaksi dengan siapa pun pengguna internet lainnya dalam jenis media tertentu. Ask.fm adalah media sosial yang memberikan kebebasan penggunanya berinteraksi dengan pengguna beridentitas atau anonim. Hal ini menjadi konterversi di Ask.fm berkaitan kasus bullying. Kasus tersebut menunjukkan menjauhnya komunikasi dari konvergensi yang positif bahkan menjadi divergensi. Fenomena terjadinya konvergensi dan divergensi dalam Ask.fm sesuai dengan teori Determinisme Teknologi dari Marshal McLuhan yang menyebutkan perubahan dengan bermacam cara berkomunikasi akan membentuk keberadaan manusia, teknologi membentuk individu cara berpikir, berperilaku dalam masyarakat, dan mengarahkan untuk bergerak dari satu abad teknologi ke abad teknologi yang lain. Produksi pesan menggunakan Message Design Logic dari Barbara J. O’Keefe mengenai pesan expressive, conventional, dan rhetorical yang membentuk konvergensi dan divergensi dalam penyusunan pesan di Ask.fm. Penelitian ini merupakan studi pesan dan komunikator yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana komunikator menunjukkan identitas material, mengetahui jenis pesan mengarah pada konvergensi dan divergensi, serta bagaimana komunikator menyusun pesan. Subjek penelitian adalah lima pengguna Ask.fm aktif dengan posting mereka di bulan September – November 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif melalui dua tahapan yaitu melakukan teknik analisis isi kualitatif pada level teks dan wawancara. Kemudian pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Kesimpulan menunjukkan komunikator yang ekstrovert melakukan produksi pesan dengan konvensional dan cenderung mengarah pada komunikasi konvergensi. Komunikator yang introvert melakukan produksi pesan secara retoris cenderung mengarah pada komunikasi divergensi. Tema pesan yang menjadi bahasan dengan peminat yang tinggi adalah cinta dan aktualisasi diri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 22 Jan 2016 07:33
    Last Modified: 22 Jan 2016 07:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23008

    Actions (login required)

    View Item