PENGEMBANGAN APLIKASI ASSESSMENT PROGRAMER BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA (SKKNI) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE SCRUMBAN

SUNARNA, DAVID ALFA (2016) PENGEMBANGAN APLIKASI ASSESSMENT PROGRAMER BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA (SKKNI) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE SCRUMBAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (807Kb) | Preview

    Abstract

    Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Sektor Teknologi Informasi Bidang Keahlian Programer Komputer tahun 2012 digunakan sebagai acuan kompetensi di bidang keahlian programer komputer yang diakui secara nasional. Untuk itu seorang programer perlu berlatih menguasai kompetensi yang disebutkan dalam SKKNI programer untuk bisa bersaing secara nasional. Exercise bisa dilakukan dengan mengerjakan bank soal yang dikumpulkan berdasarkan acuan SKKNI programer sehingga seorang programer bisa mengetahui sejauh mana kemampuannya. Digunakan metode pengembangan agile yang dinamakan Scrumban dalam pengembangan sistem ini. Agile dipilih karena user requirement yang bisa saja berubah dan waktu penelitian yang pendek. Scrumban menyediakan visibilitas tinggi dari workflow dan identifikasi secepat mungkin kemacetan proses, sehingga memungkinkan proses pengembangan software terjadi secara kontinyu. Tiap-tiap soal berupa pilihan ganda dan dipetakan menurut SKKNI programer yang terdiri dari Kompetensi Umum, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Khusus. Pengujian butir soal dilakukan dengan menggunakan analisa item tes yang terdiri dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektifitas fungsi distraktor. Kemudian dilakukan proses pembuatan product backlog yang didapat dari user story. Product backlog ditransformasikan menjadi card berdasarkan proritasnya dan mulai dikerjakan dengan batasan WIP tiga buah card maksimal untuk setiap development sampai acceptance card. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah aplikasi assessment programmer berdasarkan SKKNI berbasis web yang dibuat dengan metode Scrumban. Aplikasi ini berisi 508 soal yang mengacu pada SKKNI programer dan beberapa diantaranya sudah dilakukan analisa item tes.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 22 Jan 2016 07:14
    Last Modified: 22 Jan 2016 07:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23005

    Actions (login required)

    View Item