Pertanggungjawaban Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta dalam Pemungutan Retribusi Pelayanan Pasar

ARDIANAWATI, ASTRID (2016) Pertanggungjawaban Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta dalam Pemungutan Retribusi Pelayanan Pasar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (223Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Astrid Ardianawati. D1113002. Skripsi. Pertanggungjawaban Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta dalam Pemungutan Retribusi Pelayanan Pasar. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. 2015. Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta merupakan salah satu instansi yang berwenang melakukan pemungutan retribusi pelayanan pasar. Besarnya potensi penerimaan retribusi pelayanan pasar di Kota Surakarta tidak terlepas banyaknya keberadaan pasar tradisional di Surakarta yakni 43 pasar. Namun realisasinya penerimaan retribusi pelayanan pasar yang dikelola Dinas Pengelolaan Pasar belum mencapai target. Dengan demikian Dinas Pengelolaan Pasar dituntut untuk bisa mempertanggungjawaban segala tugas dan fungsinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pertanggungjawaban Dinas Pengelolaan Pasar dalam pemungutan retribusi pelayanan pasar serta mengetahui hambatan yang dihadapi sehingga belum tercapainya target penerimaan retribusi pelayanan pasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data maka menggunakan trianggulasi data. Analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertanggungjawaban Dinas Pengelolaan Pasar cukup baik dapat dilihat dari masing – masing indikator penelitian ini, yaitu: (1) Responsivitas Dinas Pengelolaan Pasar cukup baik diliat dari adanya kemudahan pembayaran retribusi dan kemudahan menyampaikan keluhan, kekurangannya hanya belum disediakan kotak saran; sikap ramah yang dimiliki petugas saat melakukan pemungutan retribusi; dan komunikasi yang terjalin dengan baik antara DPP ke pedagang ditunjukan dengan adanya sosialisasi setiap ada peraturan baru dan menumbuhkan rasa kekeluargaan diantara keduanya. (2) Responsibilitas Dinas Pengelolaan Pasar cukup baik karena telah melakukan pemungutan retribusi pasar sesuai dengan peraturan dan SOP yang ada, kekurangannya saat ada kenaikan pasar perhitungan tarif retribusi tidak langsung bisa dijalankan. (3) Akuntabilitas Dinas Pengelolaan cukup baik karena pelaporan penerimaan retribusi pelayanan pasar berjenjang dari pegawai pemungut, kepala pasar, kepala dinas Dinas Pengelolaan Pasar sampai Walikota Kota Surakarta dalam bentuk laporan harian, mingguan, bulanan dan tahunan namun dapat dioptimalkan lagi apabila sistem pelaporan sudah terhubung jaringan (online). Hambatan Dinas Pengelolaan Pasar dalam pemungutan retribusi pelayanan pasar adalah masih banyak kios dan los yang kosong dan adanya tunggakan karena pembangunan pasar. Kata Kunci : Pertanggungjawaban, Retribusi Pelayanan Pasar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 22 Jan 2016 06:57
    Last Modified: 22 Jan 2016 06:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23002

    Actions (login required)

    View Item