SOEDIRMAN SCIENCE COMPETITION 2015 SOMSI ( Sol Sepatu Multifungsi) Inovasi Sol Sepatu Sol Sepatu Penghasil Listrik dan Penghitung Langkah yang Anti Bau sebagai Implementasi Konkret Antisipasi Indonesi Darurat

Sulistiawan, Andi and Rosiah, Arum Angger and Hadisaputri, Mega Permata (2016) SOEDIRMAN SCIENCE COMPETITION 2015 SOMSI ( Sol Sepatu Multifungsi) Inovasi Sol Sepatu Sol Sepatu Penghasil Listrik dan Penghitung Langkah yang Anti Bau sebagai Implementasi Konkret Antisipasi Indonesi Darurat. SOEDIRMAN SCIENCE COMPETITION 2015 SOMSI ( Sol Sepatu Multifungsi) Inovasi Sol Sepatu Sol Sepatu Penghasil Listrik dan Penghitung Langkah yang Anti Bau sebagai Implementasi Konkret Antisipasi Indonesi Darurat.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (10Kb) | Preview

    Abstract

    Energi listrik sebagai energi sekunder sangat populer digunakan diseluruh sektor kegiatan. PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) melakukan penyediaan dan pelayanan tenaga listrik, dalam membangkitkan tenaga listrik masih banyak menggunakan sumber daya energi minyak bumi namun pada zaman modern ini kehidupan manusia tidak bisa lepas dari handphone. Kegiatan manusia yang semakin padat mengharuskan adanya alat yang bisa mengisi ulang baterai handphone dimanapun dan kapanpun. Powerbank adalah salah satu solusinya. Namun kapasitas powerbank sangat terbatas. Saat kapasitas energi listriknya habis powerbank ini perlu diisiulang dengan sumber listrik PLN juga. Hal ini tentunya meningkatkan penggunaan energi listrik PLN dirumah yang tentunya meningkatkan biaya pajak listrik tiap bulannya. Maka diperlukan alat yang dapat mengisi ulang baterai handphone saat beraktifitas jauh dari sumber listrik PLN dan berasal dari sumber energi terbarukan. SOMSI atau Sol Sepatu Multifungsi ini merupakan sol sepatu yang didalamnya terdapat piezoelektrik, yaitu komponen yang dapat mengkonversi tekanan menjadi energi listrik. Sehingga saat kita beraktifitas jauh dari sumber listrik PLN kita dapat memanfaatkan SOMSI ini untuk mengisi ulang baterai handphone kita.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: Afifah Nur Laili
    Date Deposited: 21 Jan 2016 22:58
    Last Modified: 23 Sep 2016 14:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22996

    Actions (login required)

    View Item