CACAH (Carrot Chocholate Heritage) Inovasi Pengembangan Coklat Kaya Antioksidan Wortel Dikemas dalam Nuansa Budaya Jawa

Nurhalimah, Tri Yulia and Hadisaputri, Mega Permata and Zahra, Usnida Umma (2016) CACAH (Carrot Chocholate Heritage) Inovasi Pengembangan Coklat Kaya Antioksidan Wortel Dikemas dalam Nuansa Budaya Jawa. CACAH (Carrot Chocholate Heritage) Inovasi Pengembangan Coklat Kaya Antioksidan Wortel Dikemas dalam Nuansa Budaya Jawa.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (88Kb) | Preview

    Abstract

    Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup, tuntutan terhadap bahan pangan juga bergeser. Bahan pangan yang banyak diminati konsumen bukan saja yang mempunyai komposisi gizi yang baik serta pernampakan dan cita rasa menarik, tetapi juga harus memiliki fungsi fisiologis bagi tubuh. Salah satu tanaman Indonesia yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan fungsional adalah Wortel. Wortel yang mengandung senyawa beta karoten yang terkandung dalam vitamin A berfungsi untuk sebagai anti oksidan yang menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan. Selain itu Beta Karoten dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker serta melindungi asam lemak tidak jenuh ganda dari proses oksidasi. ( Rukmana, 1995 ) Selama ini, wortel hanya diolah menjadi sayuran dan jus. Belum ada inovasi lain untuk mengkreasikan olahan wortel yang kaya manfaat ini. Tim PKM-K berupaya menghadirkan suatu inovasi baru sebagai langkah tepat guna yaitu memanfaatkan kandungan dan manfaat dari mengkonsumsi wortel dalam kemasan yang familier. CACAH ( Carrot Chocholate Heritage) adalah sebuah inovasi produk industry kreatif berbasis bahan makanan sehat dan menyehatkan memiliki manfaat fisiologis bagi tubuh. Gagasan ini dinilai cukup tepat mengingat kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat. Selain itu CACAH dikemas dengan nuansa budaya jawa sehingga dapat dijadikan sebagai media pelestarian kekayaan lokal. Peluang dan segmentasi pasar di kota Solo sangat mendukung, mengingat Solo sebagai kota budaya, bisa menjadikan CACAH oleh oleh khas Solo. Strategi pemasaran yang kami lakukan ada dua yaitu dalam jangka pendek melalui media offline maupun onlines dan jangka panjang melalui inovasi pembaharuan CACAH, prekerutan pekerja, dan memiliki kios CACAH. Metode pelaksanaan program meliputi perancangan pelaksanaan program dan rencana proses produksi. Kata Kunci : CACAH ( Carrot Chocolate Heritage ), Wortel, Dikemas nuansa budaya

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Indonesia
    Depositing User: Afifah Nur Laili
    Date Deposited: 21 Jan 2016 22:27
    Last Modified: 17 Mar 2017 14:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22993

    Actions (login required)

    View Item