EBOS (Entrepreneurship Book for Student) : Inovasi Pembelajaran yang Menyenangkan Untuk Mengasah Jiwa Entrepreneurship Siswa

Mubarokah, Febriati Dian and Puspitasari, Julaikha Rizki and Purwanto, Purwanto (2016) EBOS (Entrepreneurship Book for Student) : Inovasi Pembelajaran yang Menyenangkan Untuk Mengasah Jiwa Entrepreneurship Siswa. EBOS (Entrepreneurship Book for Student) : Inovasi Pembelajaran yang Menyenangkan Untuk Mengasah Jiwa Entrepreneurship Siswa.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (12Kb) | Preview

    Abstract

    Pendidikan merupakan kebutuhan dasar untuk setiap manusia. Di zaman yang serba maju, pendidikan menjadi kebutuhan utama untuk ikut serta dalam persaingan global yaitu dalam perekonomian. Tingkat pendidikan seseorang menjadi salah satu penentu dalam memperoleh pekerjaan. Semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin mudah untuk memperoleh pekerjaan. Namun jumlah pengangguran di Indonesia semakin meningkat termasuk penganggur yang berpendidikan. Stigma masyarakat terhadap derajat pendidikan yang tinggi akan mudah mendapatkan pekerjaan pun menjadi memudar. Hal ini menimbulkan orang-orang untuk melakukan bisnis/ berwirausaha (entrepreneurship). Entrepreneurship merupakan pekerjaan yang tidak mengharuskan pelakunya berpendidikan tinggi, bahkan orang awam pun bisa mengawali karir dan menjalankan roda ekonominya lewat entrepreneurship. Akan tetapi tidak semua orang mampu menjalankan entrepreneurship dengan mudah karena harus dibekali pengetahuan tentang entrepreneurship. EBOS (Entrepreneurship Book for Student) hadir sebagai sebuah inovasi pendidikan untuk menumbuh kembangkan jiwa entrepreneurship siswa yang disajikan dalam bentuk buku. EBOS (Entrepreneurship Book for Student) merupakan buku yang dibuat secara menarik dan sederhana. Sehingga, buku ini mudah dipahami oleh siswa yang menggunakannya. Tulisan ini bertujuan untuk dapat memaparkan cara menumbuhkan jiwa entrepreneur pada siswa, menjelaskan rancangan dan desain dari EBOS (Entrepreneurship Book for Student), menjelaskan implementasi terhadap EBOS (Entrepreneurship Book for Student) dan menjelaskan implikasi dari EBOS (Entrepreneurship Book for Student). EBOS disajikan dalam bentuk buku dan di dalamnya terdapat empat bab yang berbeda. Bab-bab yang dimaksud adalah Suest (Survey and Investigation), Pare (Planning and Preparation), Exe (Execution), dan Lusin (Evaluation and Conclution). EBOS digunakan secara berkelompok dengan jumlah empat orang tiap timnya. Dalam mendukung pelaksanaannya, siswa didampingi oleh seorang guru pembimbing.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Afifah Nur Laili
    Date Deposited: 21 Jan 2016 22:02
    Last Modified: 17 Mar 2017 14:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22991

    Actions (login required)

    View Item