BIO-PESTISIDA PARE (Momordicha Charantia L) INOVASI PEMBERANTASAN HAMA PADI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN

Sari, Putri Luthfiana and Sari, Putri Puspita and Kumalasari, Avrina (2016) BIO-PESTISIDA PARE (Momordicha Charantia L) INOVASI PEMBERANTASAN HAMA PADI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN. BIO-PESTISIDA PARE (Momordicha Charantia L) INOVASI PEMBERANTASAN HAMA PADI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (164Kb) | Preview

    Abstract

    Isu perkembangan pertanian organik saat ini telah mendunia. Budidaya tanaman dengan sistem organik tumbuh dengan cepat dalam mengisi sektor ekonomi. Dalam meningkatkan produk pertanian, pembasmian hama merupakan hal yang penting dilakukan oleh petani dengan cara memberikan pestisida kimia. Namun pemberian pestisida menerapkan cover blanket system, artinya ada atau tidak ada hama tanaman terus disemprot dengan racun yang membahayakan. Penggunaan pestisida kimia perlu diatur agar tidak digunakan sebagai satu-satunya alternatif pengendalian hama. Salah satu alternatifnya adalah dengan pestisida alami (biopestisida) dimana lebih mudah terurai, tidak mencemari lingkungan dan relatif aman. Momordicha Charantia L merupakan tanaman tropis, hidup di dataran rendah dan mudah dibudidayakan di Indonesia. Dalam pembuatan biopestisida, dilakukan ekstraksi Momordicha charantia L (pare) dan uji efektivitas ekstrak sebagai biopestisida pada tanaman padi yaitu walang sangit dan wereng. Ekstrak Momordicha charantia L diperoleh dari ekstraksi daun dan buah pare menggunakan etanol 30% dan 70% dengan metode maserasi dari 83,34 g bahan dalam 500 mL pelarut, dilanjutkan dengan destilasi, uji fitokimia dan uji LC-MS. Hasil uji fitokimia pada ekstrak daun dan buah pare menunjukkan adanya kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, triterpenoid dan saponin. Senyawa tersebut berpotensi sebagai biopestisida terhadap hama padi. Uji efektivitas ekstrak daun dan buah pare sebagai biopestisida dilakukan dengan penyemprotan pada walang sangit dan wereng dibandingkan pestisida komersial. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada ekstrak buah dan daun pare 70% dapat mematikan walang sangit dan wereng lebih cepat dibandingkan ekstrak 30% dan pestisida komersial. Kata Kunci: pare (Momordicha charantia L), biopestisida, walang sangit, wereng.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
    Depositing User: Afifah Nur Laili
    Date Deposited: 21 Jan 2016 11:39
    Last Modified: 05 Sep 2016 13:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22984

    Actions (login required)

    View Item