Pengaruh Foreign Direct Investment (FDI), Harga Minyak Dunia, dan Inflasi Terhadap Ekspor Lima Negara ASEAN: Studi Kasus Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam Periode 2004-2013

PURUSA, NANDA ADHI (2016) Pengaruh Foreign Direct Investment (FDI), Harga Minyak Dunia, dan Inflasi Terhadap Ekspor Lima Negara ASEAN: Studi Kasus Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam Periode 2004-2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (754Kb) | Preview

    Abstract

    Studi ini bertujuan menganalisis pengaruh Foreign Direct Investment (FDI), harga minyak dunia, dan inflasi terhadap ekspor di lima anggota Asociation of South East Asian Nation (ASEAN) yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam selama tahun 2004-2013. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan diterapkan dalam waktu dekat ini merupakan peluang tantangan bagi negara-negara di ASEAN untuk mencapai peningkatan kesejahteraan bersama. Oleh karena itu, peningkatan produktivitas dan perdagangan internasional merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Penelitian ini menggunakan analisis data panel. Model yang digunakan dalam regresi data panel adalah Fixed Effect dengan metode Generalized Least Square. Hal tersebut dikarenakan adanya gejala autokorelasi pada uji asumsi klasik. Sedangkan uji statistik dalam penelitian ini meliputi, uji koefisien parsial, stimulan dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa FDI dan harga minyak dunia mempunyai hubungan yang positif dan berpengaruh signifikan terhadap ekspor, sedangkan inflasi mempunyai hubungan yang negatif dan berpengaruh signifikan terhadap ekspor. Masing-masing negara memiliki konstanta yang berbeda-beda, dan menunjukkan perbedaan kondisi dari masing-masing negara. Peningkatan produktivitas harus dilakukan oleh semua negara untuk meningkatkan ekspor dari masing-masing negara. Investasi asing langsung dapat memberikan solusi atas keterbatasan modal, sehingga produk-produk yang dihasilkan dapat bersaing di pasar Internasional. Sedangkan penggunaan energi alternatif juga harus dikembangkan pada kondisi saat ini, karena adanya gejolak harga minyak dunia yang tidak menentu. Selain itu, peran pemerintah dalam mengendalikan inflasi sangat penting untuk menekan biaya produksi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 20 Jan 2016 12:38
    Last Modified: 20 Jan 2016 12:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22970

    Actions (login required)

    View Item