MEDIA ONLINE DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menggunakan Media Online Kompas.com dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Swadana Transfer Angkatan 2008 FISIP UNS)

Sativa, Dian (2010) MEDIA ONLINE DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menggunakan Media Online Kompas.com dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Swadana Transfer Angkatan 2008 FISIP UNS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (795Kb)

    Abstract

    Media online merupakan salah satu media yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi khalayaknya. Salah satunya adalah media online Kompas.com yang saat ini banyak diakses oleh mahasiswa, tidak terkecuali oleh mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Swadana Transfer 2008. Hal ini terlihat dari aktivitas mahasiswa yang sekarang beralih ke media online yaitu Kompas.com. Selain lebih mudah dan murah, media online khususnya Kompas.com dapat diakses kapan dan dimanapun. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications yang memusatkan perhatian pada penggunaan (uses) media untuk mendapatkan kepuasan (gratifications) atas kebutuhan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara aktivitas menggunakan media online Kompas.com dengan pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Swadana Transfer angkatan 2008 FISIP UNS dan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi menggunakan media online Kompas.com dengan aktivitas menggunakan media online Kompas.com dikalangan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Swadana Transfer Angkatan 2008 FISIP UNS. Penelitian ini merupakan tipe penelitian penjelasan (explanatory research), dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode survey, teknik pengumpulan data adalah teknik kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, dengan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Swadana Transfer Angkatan 2008 FISIP UNS yang berjumlah 134 mahasiswa dan yang pernah menggunakan media online Kompas.com. Sampel yang diambil sebanyak 30% dari populasi sebanyak 134 mahasiswa. Metode analisis data menggunakan korelasi Tata Jenjang Spearman, hasil yang diperoleh dikonsultasikan dengan tabel harga kritik (t student) pada tingkat kepercayaan 95% dan df=38. Hasil penelitian menunjukkan : Pada hasil analisa data antara aktivitas menggunakan media online Kompas.com (variabel X) dengan pemenuhan kebutuhan informasi (variabel Y) dikalangan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Swadana Transfer Angkatan 2008 FISIP UNS, dari hasil tersebut diketahui bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel yaitu 3,579 > 1,697 dan 3,579 > 1,684. Jadi kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang signifikan. Sedangkan hasil analisa data antara motivasi menggunakan media online Kompas.com (variabel Z) dengan aktivitas menggunakan media online Kompas.com (variabel X) dikalangan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Swadana Transfer Angkatan 2008 FISIP UNS, dari hasil tersebut diketahui bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel yaitu 2,513 > 1,697 dan 2,513 > 1,684. Jadi kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang signifikan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: rangga darmajati
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:38
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2297

    Actions (login required)

    View Item