KLAUSA RELATIF BAHASA ARAB DALAM CERPEN ‘ALI BABA KARYA KAMIL KILANI DAN CERPEN A’R-RA‘I A’SY-SYUJJA‘ KARYA ‘ATHIYYAH AL-IBRASYI (TINJAUAN SINTAKSIS).

HASAN, MUHAMAD (2016) KLAUSA RELATIF BAHASA ARAB DALAM CERPEN ‘ALI BABA KARYA KAMIL KILANI DAN CERPEN A’R-RA‘I A’SY-SYUJJA‘ KARYA ‘ATHIYYAH AL-IBRASYI (TINJAUAN SINTAKSIS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (720Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Muhamad Hasan. C1011032. 2015. KLAUSA RELATIF BAHASA ARAB DALAM CERPEN ‘ALI BABA KARYA KAMIL KILANI DAN CERPEN A’R-RA‘I A’SY-SYUJJA‘ KARYA ‘ATHIYYAH AL-IBRASYI (TINJAUAN SINTAKSIS). Skripsi. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini membahas tentang klausa relatif bahasa Arab dengan permasalahan sebagai berikut : (1) unsur gramatikal yang dapat direlatifkan, (2) strategi perelatifan yang digunakan, dan (3) relasi gramatikal yang diperoleh nomina inti dari klausa relatif bahasa Arab. Teori yang digunakan adalah Teori Tipologi yang dikemukakan oleh Comrie. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data tertulis yang diambil dari dua cerpen berbahasa Arab yang memuat kalimat-kalimat sederhana. Peneltian ini memanfaatkan metode penelitian kualitatif deskriptif yang meliputi tiga tahapan yaitu, metode penyediaan data, analisis data, dan penyajian hasil data. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat sebagai metode penyediaan data. Teknik bagi unsur langsung, teknik lesap, teknik balik, dan teknik perluas sebagai metode analisis data, dan teknik informal sebagai metode penyajian hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kalimat bahasa Arab posisi yang dapat direlatifkan, antara lain subjek, objek langsung, objek tidak langsung, dan oblik. Unsur kalimat bahasa Arab yang dapat direlatifkan menerapkan strategi gap, pronoun-retention, dan relative-pronoun. Nomina inti dapat mengisi posisi yang sama di kedua klausa, tetapi juga bisa mengisi posisi yang berbeda di tiap-tiap klausa. Relasi gramatikal yang diperoleh nomina inti dari klausa relatif bahasa Arab, antara lain (1) Subjek klausa utama dan Subjek klausa relatif; (2) Objek Langsung klausa utama dan Objek Langsung klausa relatif; (3) Objek Langsung klausa utama dan Subjek klausa relatif; (4) Objek Tidak Langsung klausa utama dan Subjek klausa relatif; (5) Oblik klausa utama dan Oblik klausa relatif; dan (6) Oblik klausa utama sekaligus Objek Langsung klausa relatif. Kata kunci : nomina inti, pronomina relatif, klausa relatif, relasi gramatikal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Arab
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 20 Jan 2016 12:14
    Last Modified: 20 Jan 2016 12:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22965

    Actions (login required)

    View Item