ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KESUKSESAN E-LEARNING DI SMA N 1 SURAKARTA TAHUN 2011.

Hendriyana, (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KESUKSESAN E-LEARNING DI SMA N 1 SURAKARTA TAHUN 2011. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1236Kb)

    Abstract

    Hendriyana. X7406027. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KESUKSESAN E-LEARNING DI SMA N 1 SURAKARTA TAHUN 2011. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2011. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menentukan kesuksesan e-learning di SMA N 1 Surakarta Tahun 2011. 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menentukan penggunaan e-learning di SMA N 1 Surakarta Tahun 2011. 3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menentukan kepuasan pemakai e-learning di SMA N 1 Surakarta Tahun 2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa dan guru SMA N 1 Surakarta yang menggunakan e-learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan Structural Equation Modeling (SEM). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling dan teknik non random sampling dengan cara convinience. Untuk memenuhi asumsi kecukupan sampel dalam analisis SEM, jumlah sampel pada penelitian ini adalah 170. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dengan skala likert. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dengan memberikan angket kepada responden. Uji prasyarat analisis SEM yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: uji asumsi kecukupan sampel, uji normalitas dan evaluasi outlier. Uji kebaikan model digunakan alat uji absolute fit indices, incremental fit indices dan parsimony fit indices. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis koefisien jalur untuk mengetahui hubungan antar variabel penelitian. Berdasarkan hasil analisis SEM dapat disimpulkan: 1) Kesuksesan e-learning di SMA N 1 Surakarta ditentukan oleh faktor penggunaan dan kepuasan pemakai. Variabel penggunaan menentukan secara positif dan signifikan terhadap kesuksesan e-learning sebesar 0,003, variabel kepuasan pemakai menentukan secara positif dan signifikan terhadap kesuksesan e-learning sebesar 0,001. 2) Penggunaan e-learning di SMA N 1 Surakarta ditentukan oleh faktor kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan. Variabel kualitas sistem menentukan secara positif dan signifikan terhadap penggunaan sistem sebesar 0,015, variabel kualitas informasi menentukan secara positif dan signifikan terhadap penggunaan e-learning sebesar 0,015, variabel kualitas layanan menentukan secara positif dan signifikan terhadap penggunaan e-learning sebesar 0,021. 3) Kepuasan pemakai e-learning di SMA N 1 Surakarta ditentukan oleh kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan. Variabel kualitas sistem menentukan secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 0,001, variabel kualitas informasi menentukan secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 0,002, variabel kualitas layanan menentukan secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 0,001.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Users 867 not found.
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:40
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2296

    Actions (login required)

    View Item