FAKTOR ANTROPOMETRI DAN KEMAMPUAN FISIK DOMINAN PADA PRESTASI WHEELCHAIR RACE NOMOR TRACK 100 METER (Analisis Faktor penentu Prestasi Atlet Difabel Wheelchair Race di Jawa Tengah)

LELONO, JOKO (2016) FAKTOR ANTROPOMETRI DAN KEMAMPUAN FISIK DOMINAN PADA PRESTASI WHEELCHAIR RACE NOMOR TRACK 100 METER (Analisis Faktor penentu Prestasi Atlet Difabel Wheelchair Race di Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (588Kb) | Preview

    Abstract

    Joko Lelono. A121308021. 2015. FAKTOR ANTROPOMETRI DAN KEMAMPUAN FISIK DOMINAN PADA PRESTASI WHEELCHAIR RACE NOMOR TRACK 100 METER (Analisis Faktor penentu Prestasi Atlet Difabel Wheelchair Race di Jawa Tengah). TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. dr. Muchsin Doewes, MARS, AIFO. Pembimbing II: Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd. Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor anthropometri dan kemampuan fisik yang dominan terhadap Wheelchair race. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rancangan analisis faktor konfirmatori. Populasi dalam penelitian ini adalah semua atlet wheelchair race di Jawa tengah berjumlah 14 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 5 (lima) variabel bebas (independent) yaitu Panjang lengan, berat badan, Kekuatan otot perut, fleksibilitas togok, power otot lengan dan 1 (satu) variabel terikat (dependent) yaitu prestasi wheelchair race Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Data yang dikumpulkan yaitu kondisi fisik dan antropometri diantaranya adalah power otot lengan dengan tes medicene ball, kekuatan otot perut dengan sit up test, flexsibilitas togok dengan sit and rise, panjang lengan diukur dengan alat ukur meteran dan berat badan dengan timbangan. Hasil penelitian yaitu faktor yang dominan pada wheelchair race atau yang memiliki nilai komponen faktor ≥ │0,5│adalah : kekuatan otot lengan dengan nilai komponen faktor sebesar 0.858, berat badan dengan nilai 0,834 fleksibilitas togok dengan nilai komponen faktor sebesar 0.783, panjang lengan dengan nilai komponen faktor sebesar 0.728. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut : (1) Faktor anthropmetri dan Faktor kondisi fisik yang dominan berpengaruh pada atlet wheelchair race di Jawa Tengah yang pertama adalah power otot lengan, berat badan, pfleksibilitas togok.dan selanjutnya panjang lengan Kata Kunci :Anthropometri, KondisiFisik, wheelchair race

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 20 Jan 2016 10:22
    Last Modified: 20 Jan 2016 10:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22938

    Actions (login required)

    View Item