UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 11 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/ 2015

RAHMASARI, FAKHI (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 11 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (660Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan strategi pembelajaran REACT yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 11 Surakarta dan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 11 Surakarta melalui penerapan strategi pembelajaran REACT. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan pembelajaran dan data pemahaman konsep matematika siswa. Data keterlaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran, sedangkan data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Data pemahaman konsep matematika siswa menyangkut 4 indikator, yaitu: mengklasifikasikan objek menurut sifat- sifat tertentu sesuai dengan konsep; memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep; menyatakan ulang suatu konsep dan mengaplikasikan konsep pada pemecahan masalah. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya 45% dari jumlah total siswa telah mencapai skor 4 untuk indikator mengklasifikasikan objek menurut sifat- sifat tertentu sesuai dengan konsep, indikator memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep setidaknya 35% dari jumlah total siswa telah mencapai skor 4, indikator menyatakan ulang suatu konsep setidaknya 55% dari jumlah total siswa telah mencapai skor 4 dan indikator mengaplikasikan konsep pada pemecahan masalah setidaknya 35% dari jumlah total siswa telah mencapai skor 4. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi REACT yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa adalah sebagai berikut: 1) Kegiatan pendahuluan, yaitu: a) Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam. b) Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar. c) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. d) Guru memberikan apersepsi. e) Guru memberikan motivasi. 2) Kegiatan inti, yaitu: a) Guru mengkaitkan materi yang sedang dipelajari siswa dengan kehidupan sehari- hari atau pengetahuan yang sudah dimiliki siswa (Relating). b) Guru membagikan LKS I kepada masing- masing siswa dan meminta siswa untuk mengerjakan LKS I (Experiencing). c) Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan saat menyelesaikan LKS I. d) Guru menunjuk beberapa perwakilan siswa untuk mempresentasikan hasil pekerjaan LKS I di depan kelas, sementara siswa yang lain diminta untuk memberikan tanggapan (Cooperating). e) Guru memberikan konfirmasi dari hasil presentasi LKS I. f) Guru mengelompokkan siswa secara heterogen dimana setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa. g) Guru membagikan LKS II kepada masing- masing kelompok untuk diselesaikan dengan berdiskusi (Applying, Cooperating). h) Guru mengawasi jalannya diskusi dan membimbing vii apabila terdapat kelompok yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan LKS II. i) Guru menunjuk beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan (Cooperating). j) Guru memberikan konfirmasi mengenai hasil diskusi LKS II. k) Guru memberikan tes formatif kepada siswa (Transferring). l) Guru meminta siswa untuk mengumpulkan tes formatif lalu menunjuk salah satu siswa untuk menuliskan penyelesaian di papan tulis. m) Guru memberikan konfirmasi mengenai penyelesaikan tes formatif dan membimbing siswa agar mencatatnya di buku catatan. 3) Kegiatan Penutup, yaitu: a) Guru bersama siswa menyimpulkan apa yang telah dipelajari pada pertemuan hari ini. b) Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas. c) Guru menginformasikan siswa tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. d) Guru memberikan penghargaan bagi siswa maupun kelompok yang berpatisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. e) Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkankan salam. Sedangkan, dari hasil tes akhir siklus prosentase masing-masing indikator pemahaman konsep matematika yang mencapai skor 4 adalah: 1) Indikator mengklasifikasikan objek menurut sifat- sifat tertentu sesuai dengan konsep pada pra siklus sebesar 24,24%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 18,18% menjadi 42,42%, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 36,37% menjadi 78,79%. 2) Indikator memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep pada pra siklus sebesar 15,15%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 15,15% menjadi 30,3% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,21% menjadi 51,51%. 3) Indikator menyatakan ulang suatu konsep pada pra siklus sebesar 33,33%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 18,19% menjadi 51,52% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 36,36% menjadi 87,88%. 4) Indikator mengaplikasikan konsep pada pemecahan masalah pada pra siklus sebesar 12,12%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 15,15% menjadi 27,27% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 24,24% menjadi 51,51%. Kata kunci: strategi pembelajaran, REACT, pemahaman konsep matematika.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 19 Jan 2016 21:34
    Last Modified: 19 Jan 2016 21:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22923

    Actions (login required)

    View Item