ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NASKAH DRAMA MELIK NGGENDHONG LALI KARYA UDYN UPEWE SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP

KURNIAWAN, ANTON (2016) ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NASKAH DRAMA MELIK NGGENDHONG LALI KARYA UDYN UPEWE SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (425Kb) | Preview

    Abstract

    Anton Kurniawan. ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NASKAH DRAMA MELIK NGGENDHONG LALI KARYA UDYN UPEWE SERTA RELEVANSINYA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP. Skripsi, Surakarta: Pendidikan Bahasa Jawa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Oktober 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) struktur naskah drama Melik Nggendhong Lali; (2) Nilai Pendidikan naskah drama Melik Nggendhong Lali; (3) relevansi naskah drama Melik Nggendhong Lali dengan pembelajaran bahasa Jawa di SMP. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan strategi tunggal terpancang dan metode analisis dokumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah drama Melik Nggendhong Lali dan hasil wawancara yang menunjang permasalahan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik studi pustaka yang dilakukan dengan mencatat dokumen-dokumen atau arsip yang berkaitan dengan masalah dan tujuan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalinan atau mengalir yang meliputi tiga komponen, yaitu: (1) reduksi data; (2) sajian data; dan (3) penarikan simpulan. Berdasarkan analisis data melalui pendekatan struktural, dapat disimpulkan: (1) tema dalam cerita ialah masalah sosial, memiliki tokoh sentral Heru dan Mbah Dar, tokoh utama Manto dan Sarti, serta tokoh pembantu Kliwon, Sulis, Pemuda 1, Pemuda 2, dan Polisi. Alur cerita menggunakan alur maju dan teratur, yang terkait dengan setting naskah. Dialog yang digunakan dalam naskah drama adalah ragam bahasa Jawa ngoko dan krama. Amanat dalam naskah ini yaitu sebagai seorang anak hendaknya menurut kepada nasihat orang tuanya agar tidak menyesal pada akhirnya. Tema masalah sosial mempengaruhi munculnya karakter Heru yang suka membantah nasihat ayahnya, alur yang maju dan teratur mempengaruhi terjadinya setting waktu yang berurutan, penggunaan dialog dipengaruhi oleh penokohan pada setiap karakter, dan semua unsur akan saling berkaitan membentuk suatu pesan kepada pembaca; (2) nilai kultural yang muncul yakni penggunaan bahasa yang biasanya digunakan oleh seorang dalang, nilai kesosialan ditandai dengan rasa peduli Mbah Dar terhadap Heru serta Manto, nilai kesusilaan yang ada yaitu pelanggaran nilai moral dengan sikap Heru yang acuh, dan nilai keagamaan yang ditunjukkan dengan jauhnya Heru dari ajaran agama; (3) naskah drama Melik Nggendhong Lali memiliki struktur yang lengkap serta nilai-nilai edukatif sehingga jika direlevansikan dengan pembelajaran bahasa Jawa di SMP, naskah ini dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran bahasa Jawa pada kelas IX. Kata kunci: naskah Melik Nggendhong Lali, struktur, nilai pendidikan, pembelajaran bahasa Jawa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 19 Jan 2016 17:38
    Last Modified: 19 Jan 2016 17:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22916

    Actions (login required)

    View Item