Pengaruh Ukuran KAP, Audit Tenure, dan Auditor Spesialis Industri terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

WIBOWO, AL-QODRI ADI (2016) Pengaruh Ukuran KAP, Audit Tenure, dan Auditor Spesialis Industri terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (681Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan bukti empiris tentang pengaruh ukuran KAP, audit tenure, dan auditor spesialis industri terhadap manajemen laba. Perhitungan manajemen laba menggunakan rumus discretionary accrual versi modified Jones. Ukuran KAP diukur menggunakan variabel dummy dimana ukurannya ditentukan berdasarkan dua kelompok, yaitu KAP Big 4 serta medium size dan KAP Small. Audit tenure diukur menggunakan satuan tahun perikatan antara KAP dengan kliennya. Auditor spesialis diukur menggunakan variabel dummy yang didasarkan pada perhitungan market share serta tenure KAP dengan kliennya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel diambil dengan metode purposive sampling dan didapatkan 100 perusahaan untuk dijadikan sampel selama tiga periode (2011-2013). Metode analisis data dilakukan dengan tabulasi menggunakan Ms. Excel , dan dibantu dengan SPSS 17 untuk pengujian statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji binary logistic regression, serta sobel test. Hasil analisis menunjukkan bahwa auditor spesialis industri berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran KAP tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Audit tenure tidak berpengaruh langsung terhadap manajemen laba, tetapi memiliki pengaruh tidak langsung terhadap manajemen laba melalui auditor spesialis industri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 19 Jan 2016 17:01
    Last Modified: 19 Jan 2016 17:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22907

    Actions (login required)

    View Item