KELAYAKAN PEMBERIAN OPINI GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

HARISNA, AGHNY LAILY (2016) KELAYAKAN PEMBERIAN OPINI GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (971Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan bukti empiris tentang kelayakan opini going concern yang diberikan oleh auditor kepada klien auditnya. Penilaian kelayakan opini going concern menggunakan model Altman Z-Score dan opini audit tahun sebelumnya (prior opinion). Opini dikatakan layak apabila nilai Z-Score yang dimiliki perusahaan sesuai dengan opini yang diberikan oleh auditor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel diambil dengan metode purposive sampling, yang menjadi sampel tahun 2011: 100 perusahaan, tahun 2012: 97 perusahaan, dan pada tahun 2013: 96 perusahaan. Metode analisis data dilakukan dengan tabulasi menggunakan Ms. Excel, dan dibantu dengan SPSS 16 untuk statistik deskriptif dan tabulasi silang (crosstab). Dari hasil analisis menunjukkan bahwa opini going concern dengan kriteria ke satu, ke dua, dan ke lima sudah layak. Untuk opini non going concern dengan kriteria tiga dan lima juga sudah layak, namun untuk kriteria ke empat (perusahaan yang seharusnya menerima opini going concern tetapi mendapatkan opini non going concern) opini non going concern masih belum layak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 19 Jan 2016 16:54
    Last Modified: 19 Jan 2016 16:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22906

    Actions (login required)

    View Item