PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN, SWITCHING COST, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA KARTU SELULER INDOSAT PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FKIP UNS TAHUN 2014

PAMUNGKAS, FAJAR PUTRA (2014) PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN, SWITCHING COST, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA KARTU SELULER INDOSAT PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FKIP UNS TAHUN 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb) | Preview

    Abstract

    Penilitan ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kepuasan pelanggan, switching cost dan citra merek secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu seluler Indosat pada mahasiswa jurusan PIPS FKIP UNS. (2) Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu seluler Indosat pada mahasiswa jurusan PIPS FKIP UNS. (3) Pengaruh switching cost terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu seluler Indosat pada mahasiswa jurusan PIPS FKIP UNS. (4) Pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu seluler Indosat pada mahasiswa jurusan PIPS FKIP UNS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan PIPS FKIP UNS tahun 2014 yang menggunakan kartu seluler Indosat. Besarnya jumlah sampel yang telah dihitung diperoleh sampel sebanyak 96,04 dan dibulatkan menjadi 97 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling insidental. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh kepuasan pelanggan, switching cost, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu seluler Indosat pada mahasiswa jurusan PIPS FKIP UNS. Hal ini dibuktikan dari hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000, hasil ini lebih kecil dari 0,05; maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan, switching cost dan citra merek berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu seluler Indosat pada mahasiswa jurusan PIPS FKIP UNS. (2) Hasil perhitungan data untuk variabel kepuasan pelanggan memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,241, variabel switching cost memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,328 dan variabel citra merek memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,278, maka dapat disimpulkan bahwa variabel kepuasan pelanggan, switching cost, dan citra merek memiliki pengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan pengguna kartu seluler Indosat pada mahasiswa jurusan PIPS FKIP UNS. (3) Berdasarkan hasil perhitungan nilai Adjusted R Square sebesar 0,391 sehingga dapat diartikan bahwa 39,1% loyalitas pelanggan pengguna kartu seluler Indosat pada mahasiswa jurusan PIPS FKIP UNS dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan, switching cots, dan citra merek, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: kepuasan pelanggan, switching cost, citra merek, loyalitas pelanggan, Indosat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 19 Jan 2016 17:23
    Last Modified: 19 Jan 2016 17:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22900

    Actions (login required)

    View Item