Laporan proyek akhir pembuatan alat peraga transmisi otomatis sepeda motor

Fuad Rochadi , Fitri (2010) Laporan proyek akhir pembuatan alat peraga transmisi otomatis sepeda motor. Other thesis, uns.

[img] PDF
Download (565Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tugas akhir yang telah dibuat ini bertujuan untuk membuat alat praktek sistem transmisi otomatis sepeda motor, mengetahui dan memahami fungsi tiap bagian dari sistem transmisi otomatis sepeda motor . Transmisi otomatis atau yang dikenal dengan CVT (Continuous Variable Transmission) adalah sistem transmisi daya dari mesin menuju ban belakang menggunakan sabuk yang menghubungkan antara drive pulley dengan driven pulley menggunakan prinsip gaya gesek. Pada sistem transmisi CVT untuk memperoleh perbandingan putaran antara drive pulley dengan driven pulley memanfaatkan gaya sentrifugal dari roller (pemberat). Dengan putaran semakin tinggi maka gaya sentrifugal dari roller akan semakin kuat yang kemudian mendorong movable drive face bergerak dan mengakibatkan perbandingan putaran antara drive pulley dengan driven pulley menjadi lebih besar. Transmisi otomatis sepeda motor terdiri dari tiga komponen yaitu puli primer ( drive pulley), puli sekunder ( driven pulley), dan gigi reduksi. Dalam proyek akhir ini telah dilakukan pembuatan alat praktek dengan mesin Sanex QJ 125 T. Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan alat ini adalah Rp 2.846.900,. ABSTRACT Final project wich have been made have an aim that is to make the engine stand automatic transmission system of motorcycle, knowing and comperhending function of every part of automatic transmission system of motorcycle. Automatic transmission or as known as CVT (Continuous Variable Transmission) is part of energy transmission system from engine to the rear wheel using the connective belt between drive pulley and driven pulley with applyng the principal of friction force. At CVT transmission system to obtain the pulley ratio between drive pulley and driven pulley exploit the centrifugal force from roller (weight). If the rpm engine higher than the centrifugal force from roller is going stronger and then push the movable drive face and causing the ratio between drive pulley and driven pulley is going higher Automatic transmission of motocycle consisted of three component that is primary pulley (drive pulley), secondary pulley (driven pulley), and gear reduction. In this final project have been done a engine stand with Sanex engine QJ 125 T. Total cost for making the apliance is Rp. 2.846.900.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Unnamed user with username oyis
    Date Deposited: 25 Nov 2010 02:20
    Last Modified: 25 Nov 2010 02:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/229

    Actions (login required)

    View Item