PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM ATAS DASAR HAKIM SALAH MENERAPKAN HUKUM PEMBUKTIAN UNSUR PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA GOLONGAN I BAGI DIRI SENDIRI (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 1425 K/Pid.Sus/2013)

P, ANDREAS DWI SETYO (2016) PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM ATAS DASAR HAKIM SALAH MENERAPKAN HUKUM PEMBUKTIAN UNSUR PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA GOLONGAN I BAGI DIRI SENDIRI (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 1425 K/Pid.Sus/2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (209Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Andreas Dwi Setyo P. E0010033. 2015. PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM ATAS DASAR HAKIM SALAH MENERAPKAN HUKUM PEMBUKTIAN UNSUR PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA GOLONGAN I BAGI DIRI SENDIRI (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO 1425 K/PID.SUS/2013). Penulisan Hukum (Skripsi) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah alasan kasasi atas dasar hakim salah menerapkan hukum pembuktian terhadap putusan Pengadilan Tinggi Banten dalam perkara narkotika sudah sesuai dengan ketentuan Pasal 253 ayat (1) KUHAP. Selain itu juga untuk mengetahui pertimbangan hakim Mahkamah Agung dalam menerima, memeriksa dan memutus pengajuan kasasi terdakwa apakah sudah sesuai dengan Pasal 256 KUHAP. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat prespektif dan terapan. Pendekatan penelitian hukum yang digunakan adalah pendekatan kasus. Jenis bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Teknik analisis bahan hukum ini menggunakan metode deduktif dalam penalaran hukum. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan, yang pertama bahwa pengajuan kasasi penuntut umum atas dasar hakim salah menerapkan hukum pembuktian unsur penyalahgunaan narkotika golongan I untuk diri sendiri telah sesuai Pasal 253 ayat (1) KUHAP. Sedangkan dalam pertimbangan hukum Mahkamah Agung mengabulkan pengajuan kasasi penuntut umum atas dasar hakim salah menerapkan hukum pembuktian unsur penyalahgunaan narkotika golongan I untuk diri sendiri dalam Putusan Mahkamah Agung No. 1425 K/Pid.Sus/2013 telah sesuai dengan Pasal 256 KUHAP. Kata kunci : Kasasi, Hukum Pembuktian,Narkotika golongan I

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 19 Jan 2016 13:51
    Last Modified: 19 Jan 2016 13:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22881

    Actions (login required)

    View Item