PENGARUH PENERAPAN TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, DAN RESPONSIVENESS TERHADAP MUTU LAYANAN AKADEMIK (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA)

FIARDHANI, ADEVIANI (2016) PENGARUH PENERAPAN TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, DAN RESPONSIVENESS TERHADAP MUTU LAYANAN AKADEMIK (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (600Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, DAN RESPONSIVENESS TERHADAP MUTU LAYANAN AKADEMIK (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA) Oleh: Adeviani Fiardhani F1313002 Keterkaitan perguruan tinggi BHMN (Badan Hukum Milik Negara) yang merupakan BLU (Badan Layanan Umum) dengan good university governance adalah good university governance menjadi salah satu aspek penting yang menjadi tolok ukur keberhasilan perguruan tinggi dewasa ini. Saat ini pendidikan sudah menjadi industri jasa, sehingga sebagai pelanggan sudah semestinya mahasiswa ataupun calon mahasiswa menuntut layanan pendidikan yang bermutu yang dapat dicapai dengan memperhatikan transparansi, akuntabilitas, dan responsiveness perguruan tinggi yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor good governance tersebut terhadap kinerja perguruan tinggi yang berupa mutu layanan akademik. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dan merupakan jenis penelitian survey dengan lokasi penelitian di Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan jumlah populasi sebanyak 30.722 sivitas akademika. Teknik pengambilan sampel dengan strata random sampling didapatkan sebanyak 342 total sampel untuk diteliti. Sedangkan teknik analisis data selain analisis deskriptif juga digunakan model regresi linier berganda untuk membuktian hipotesis dengan uji ketepatan model yaitu uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor good governance yaitu transparansi, akuntabilitas, dan responsiveness berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan pada taraf kepercayaan  = 0,05 (p < 0,05) terhadap mutu layanan akademik. Sedangkan besaran R2 sebesar 0,207 digunakan Adjusted R2 sebesar 0,200 atau 20% mutu layanan akademik dapat dijelaskan oleh faktor-faktor good governance yang masuk dalam model penelitian ini yaitu transparansi, akuntabilitas, dan responsiveness. Kata kunci: good governance, good university governance, mutu layanan akademik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 19 Jan 2016 12:05
    Last Modified: 19 Jan 2016 12:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22870

    Actions (login required)

    View Item