Prestasi belajar mahasiswa yang berwirausaha dan mahasiswa yang tidak berwirausaha (studi komparasi pada mahasiswa pendidikan ekonomi fkip uns Angkatan tahun 2005)

Prabowo, Pandu Handwi (2005) Prestasi belajar mahasiswa yang berwirausaha dan mahasiswa yang tidak berwirausaha (studi komparasi pada mahasiswa pendidikan ekonomi fkip uns Angkatan tahun 2005). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (451Kb)

    Abstract

    Pandu Handwi Prabowo, PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG BERWIRAUSAHA DAN MAHASISWA YANG TIDAK BERWIRAUSAHA (Studi Komparasi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Angkatan Tahun 2005). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara mahasiswa yang berwirausaha dengan mahasiswa yang tidak berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Angkatan tahun 2005. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Angkatan tahun 2005 yang berjumlah 101 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini diambil sejumlah besarnya populasi sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi sebagai pokok dengan cara mengumpulkan KHS mahasiswa dari semester 1-6, ditambah dengan metode bantu yaitu metode observasi dan interview. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik uji-t atau p-value. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara mahasiswa yang berwirausaha dengan mahasiswa yang tidak berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Angkatan tahun 2005. Perbedaan tersebut terutama tampak pada prestasi belajar kelompok mata kuliah MKPK dan MKBB dimana prestasi belajar mahasiswa yang berwirausaha lebih baik daripada mahasiswa yang tidak berwirausaha. Kesimpulan ini didukung dengan perolehan t hitung sebesar 6,524 dan 3,196 dengan p - value (nilai signifikasi) lebih kecil dari tingkat signifikasi 0,05 (0,000<0,05 untuk MKPK; 0,002<0,05 untuk MKBB). Sedangkan untuk prestasi belajar pada kelompok mata kuliah MKKK, MKKBE, MKPB, dan MKK terdapat perbedaan dimana prestasi belajar mahasiswa yang tidak berwirausaha lebih baik daripada mahasiswa yang berwirausaha namun perbedaan tersebut tidak terlalu jauh. Kesimpulan ini didukung dengan perolehan t hitung sebesar 5,325; 8,278; 6,614; 4,146 dengan p - value (nilai signifikasi) lebih kecil dari tingkat signifikasi 0,05 (0,000<0,05).

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: neno sulistiyawan
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:27
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2287

    Actions (login required)

    View Item