TINJAUAN PEMBERIAN KETERANGAN SAKSI ANAK DI BAWAH UMUR TANPA DISUMPAH DAN KEKUATAN PEMBUKTIANNYA DALAM PERKARA PENCABULAN ANAK (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI KANDANGAN NOMOR : 214/PID.SUS/2014/PN.KGN)

H, FEBRIANA NUR (2016) TINJAUAN PEMBERIAN KETERANGAN SAKSI ANAK DI BAWAH UMUR TANPA DISUMPAH DAN KEKUATAN PEMBUKTIANNYA DALAM PERKARA PENCABULAN ANAK (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI KANDANGAN NOMOR : 214/PID.SUS/2014/PN.KGN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (370Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai apakah pemberian kesaksian anak tanpa disumpah sesuai dengan KUHAP karena di dalam KUHAP terdapat aturan bahwa saksi di dalam memberikan kesaksian harus di ambil sumpahnya terlebih dahulu, sehingga penelitian ini bertujuan mencari jawaban apakah pengambilan sumpah terhadap saksi yang tidak di ambil sumpahnya di karenakan saksi masih di bawah umur menyebabkan kesaksiannya tetap sesuai dengan KUHAP atau tidak, serta dalam penelitian ini mencari jawaban bagaimana kekuatan pembuktian kesaksian anak tanpa disumpah dalam persidangan perkara pencabulan anak di bawah umur di Pengadilan Negeri Kandangan Nomor : 214/Pid.Sus/2014/Pn.Kgn. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian doktrinal atau disebut juga penelitian normatif. Jenis bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah studi kepustakaan. Studi kepustakaan yang digunakan adalah berupa buku, perundang-undangan, karangan ilmiah. Analisis bahan hukum menggunakan metode deduksi silogisme yang dilakukan dengan menerapkan norma dan kaidah hukum, kemudian ditarik kesimpulan bersifat khusus. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa keterangan saksi anak tanpa disumpah sesuai dengan KUHAP. Nilai pembuktian yang melekat pada keterangan saksi yang tidak disumpah tersebut dapat digunakan sebagai petunjuk bagi hakim. Kata Kunci : Keterangan Saksi, Sumpah, Anak di Bawah Umur

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 18 Jan 2016 12:24
    Last Modified: 18 Jan 2016 12:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22863

    Actions (login required)

    View Item