Pengembangan Media Film Dokumenter Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Konstruktif-Kolaboratif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Budaya Lokal Di Smk Negeri 3 Kudus

MAULANI, ANNISA (2016) Pengembangan Media Film Dokumenter Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Konstruktif-Kolaboratif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Budaya Lokal Di Smk Negeri 3 Kudus. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (697Kb) | Preview

    Abstract

    Annisa Maulani. 2015. Pengembangan Media Film Dokumenter Dalam Pembelajaran IPS Berbasis Konstruktif-Kolaboratif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Budaya Lokal Di Smk Negeri 3 Kudus. TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. Wasino, M. Hum., Pembimbing II: Dr. A Arif Mursadad, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan media pembelajaran IPS yang selama ini dilaksanakan, (2) Mendeskripsikan desain hasil pengembangan media film dokumenter berbasis konstruktif-kolaboratif dalam pembelajaran IPS,(3) Mengetahui bagaimana efektivitas media film dokumenter berbasis konstruktif-kolaboratif dalam pembelajaran IPS di SMK Negeri 3 Kudus. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R n D). Penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian pengembangan yang terdiri dari 7 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pengembangan produk awal, (3) uji coba awal, (4) revisi hasil uji coba awal, (5) uji lapangan operasional, (6) revisi produk akhir, dan (7) diseminasi. Berdasarkan pengamatan di lapangan penelitian ini berbasis kontruktif-kolaboratif sehingga mengadopsi model ADDIE. Uji efektivitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan desain non-equivalent control group, yang dianalisis menggunakan SPSS 18 untuk hasil belajar kognitif dan pemahaman budaya lokal menggunakan T-Test. Hasil penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran IPS yang digunakan berupa pemberian modul IPS dan diskusi. Pemahaman siswa tentang budaya lokal masih kurang sehingga siswa membutuhkan media pembelajaran IPS yang komunikatif, (2) Proses pengembangan media pembelajaran ini mempunyai jumlah total 56 bila dirata-rata 4,30 dan bila di konversikan berdasarkan skala 5 maka keseluruhan dinyatakan baik dan layak diterapkan dalam proses pembelajaran dengan revisi sesuai saran dari ahli pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan pengamatan selama pembelajaran di kelas, dilakukan diskusi mengenai pengertian budaya lokal, terlihat siswa antusias tentang materi budaya lokal.Kumpulan media film dokumenter yang dibuat oleh siswa dianggap layak oleh ahli media.(3) Efektifitas media film dokumenter dalam pembelajaran IPS berbasis kontruktivis-kolaboratif terbukti efektif meningkatkan hasil belajar kognitif dengan nilai signifiknsi 0,000 dan pemahaman budaya lokal dengan nilai 0,000 berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai postest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kata Kunci: film dokumenter, kontruktif-kolaboratif, hasil belajar kognitif, pemahaman budaya lokal

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LA History of education
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 18 Jan 2016 10:52
    Last Modified: 18 Jan 2016 10:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22849

    Actions (login required)

    View Item