PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI SMK KABUPATEN NGAWI

Gerbiana, Erlasari Septia (2015) PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI SMK KABUPATEN NGAWI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (190Kb) | Preview

    Abstract

    Erlasari Septia Gerbiana. S441402007. Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Jawa SMK di Kabupaten Ngawi. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd., II: Prof. Dr. Sumarlam, M.S. Minat Utama Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembelajaran Bahasa Jawa wajib dilaksanakan di SMK di Jawa Timur mulai tahun 2013. Karena pembelajaran Bahasa Jawa di SMK masih baru dilaksanakan, maka perlu dilakukan penelitian terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Jawa SMK di Kabupaten Ngawi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang proses pelaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Jawa SMK di Kabupaten Ngawi. Metode penelitian yang digunakan adalah naturalistik dengan strategi deskriptif. Data penelitian ini diambil dari hasil wawancara, dokumen/ arsip, dan hasil pengamatan. Sumber data yang digunakan adalah informan dari guru dan kepala sekolah, dokumen/arsip, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, analisis dokumen, dan angket. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode, sumber, dan teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (Miles dan Huberman). Hasil penelitian ini antara lain : (1) persepsi guru yang sama dengan jawaban yang berbeda-beda mengenai kurikulum 2013; (2) perangkat pembelajaran yang dibuat guru belum lengkap. Guru I membuat 90%, guru A membuat 40%, dan guru F membuat 70%; (3) pelaksanaan pembelajaran sebagian sudah menggunakan pendekatan saintifik dan sebagian masih belum; (4) penilaian yang dilakukan sudah menggunakan penilaian autentik.; (5) kendala yang dihadapi adalah mengenai SDM, fasilitas, penilaian, dan waktu pembelajaran yang singkat; (6) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut dengan memberi waktu untuk mencari materi, memberi pengertian akan kondisi sekolah, pemberian tugas ekstra, pengambilan data sampel, pengaturan waktu, dan pembuatan mind map. Kata kunci : pelaksanaan, pembelajaran, kurikulum 2013, bahasa Jawa

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 18 Jan 2016 11:10
    Last Modified: 18 Jan 2016 11:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/22846

    Actions (login required)

    View Item